Oleh : Uiaciel
Kategori : Tahukah Kamu ?

Akhir-akhir ini anak-anak muda dihebohkan dengan sebuah permainan berupa tantangan yang menurut saya sangat berbahaya.
Skipchallange adalah sebuah tantangan/permainan dimana seorang anak akan menekan dada anak yang bersandar di dinding dengan kuat , sehingga dalam hitungan detik anak tersebut akan mengalami pusing, kejang-kejang bahkan menjadi pingsan.

Bagi kebanyakan anak muda ini adalah permainan yang unik dan menantang, tapi ternyata di balik itu ada hal yang sangat berbahaya.

"Secara sederhana, dalam melakukan skippchalange jika dilihat dari aspek anatomi , ketika bagian thorax kerangka tubuh manusia (bagian dada) di tekan terlalu kuat maka akan menekan organ vital yang ada di bawahnya seperti jantung dan paru-paru."

Hal ini dapat mengakibatkan kerja dari jantung dan paru terganggu bahkan berhenti.

Bisa dibayangkan bila kerja jantung dan paru-paru berhenti. Suplai darah dan oksigen ke seluruh tubuh pula akan terhenti.
Ketika paru-paru berhenti mensuplai oksigen ke otak , sel-sel yang ada di otak akan mati , dan karbon dioksida dalam tubuh akan menumpuk karena terhambatnya proses suplai oksigen tadi .Karbon dioksida yang menumpuk akan menjadi racun dalam tubuh.
Selain itu juga ,jantung akan terhenti saat memompa darah ke seluruh tubuh.

Hal ini jika dibiarkan akan berakibat kelumpuhan karena matinya sel otak dan kurangnya suplai darah dan oksigen dalam tubuh.
Apabila Skippchallange ini dilakukan pada anak-anak yang mengalami riwayat medis penyakit jantung maka akan berakibat fatal , terutama jika jantung dalam kondisi lemah dan tidak mampu lagi memopa darah setelah mendapatkan tekanan dari skippchalange tadi maka akan mengakibatkan kematian.

Selain itu jika pada saat pelaksanaan skippchalange tadi dilakukan dengan tekanan yang sangat kuat dapat mengakibatkan fraktur atau patah tulang pada bagian thorax yang dimana bila patahannya mengarah ke dalam maka dapat menusuk organ bagian dalam yang sangat vital.

Sudah kebayangkan betapa berbahayanya Skippchalange ini….

Kiriman dari : Treatment 
Universitas Esa Unggul (Physioterapi)


 

SHARE!

Uiaciel Terverifikasi

"Founder Statusfan.com, Anak muda yang aktif berkegiatan dan berbagi dengan anak-anak indonesia, Fasilitator Forum Anak Nasional"

Follow


180 Mading


Apa Saja Hak anak Dan Kewajiban Anak?

Kategori : Tahukah Kamu ?

PRESIDEN INDONESIA YANG TERLUPAKAN

Kategori : Tahukah Kamu ?

Indonesia Pertama Kali Merdeka Di KARAWANG

Kategori : Tahukah Kamu ?

Bahasa Indonesia vs Bahasa Asing

Kategori : Tahukah Kamu ?

Yuk Cintai Sungai Kita Kawan

Kategori : Tahukah Kamu ?