Oleh : Caecilia Ega Sanjaya
Kategori : AroundIndonesia

Hai kawan, masih ingat dengan teror bom di Kampung Melayu beberapa waktu lalu? Duh, bikin merinding saja kalau membicarakan tentang teror dan teroris (terlebih kalau yang dimaksud adalah kelompok teroris yang sangat kejam saat ini, ISIS). Tapi sekarang kita bukan akan membicarakan teror, teroris, atau ISIS. Kita akan bicara tentang tentara negara kita.
Tentara Negara Indonesia (TNI) itu sangat kuat loh! Kita harus percaya,  TNI akan membantu mengamankan negeri dari pengaruh teror apapun. Untuk kamu yang penasaran seberapa kuatnya TNI Indonesia, yuk baca bersama!

Kekuatan Militer Indonesia Di Mata Dunia
Kekuatan militer Indonesia tak bisa dipandang remeh oleh Indonesia. Kini TNI menduduki urutan ke 14 dari 126 negara di dunia! WOW! Bukankah itu sangat kuat? Tapi, yang disayangkan adalah peringkat TNI turun dalam beberapa tahun terakhir. Padahal belum lama ini (mungkin 2-5 tahun yang lalu) Indonesia berada di urutan ke 12. Yah, tapi walaupun turun, tentu saja negara lain tidak akan memandang remeh TNI.
Selain itu, TNI berada di peringkat 3 se-dunia untuk pasukan paling elit. Karena itulah, pasukan TNI selalu dipercaya oleh PBB dalam misi-misi penting. TNI juga mendapatkan tugas untuk melatih militer di Afrika loh! Satu lagi, pasukan KOPASSUS (Komando Pasukan Khusus) adalah salah satu pasukan terbaik di dunia. Bukankah itu menakjubkan?

Kekuatan Senjata Tentara Negara Indonesia
Senjata Indonesia juga tak bisa dipandang remeh. Indonesia memiliki senjata perang yang ditakuti oleh negara lain, misalnya Pesawat tempur F1 C/D, Super Tecano EMB 314, Tank Marder, KRI Bung Tomo bahkan Rusia dan Amerika mengakui senjata buatan Indonesia termasuk senjata terbaik dan terkuat.
Indonesia memiliki ratusan unit tank, ribuan unit kendaraan perang lapis baja, puluhan artileri perang, puluhan peluncur roket, ratusan alat udara, ratusan helikoper, ratusan pesawat, ratusan kapal perang, dan 4 kapal selam. Benar-benar lengkap!

Kekuatan Tentara Indonesia
Dengan 300.000 pasukan Angkatan Darat (AD), 37.850 pasukan Angkatan Udara (AU), dan 75.000 pasukan Angkatan Laut (AL), Indonesia memiliki jumlah tentara yang relatif banyak. Senjata masing-masing bagian juga sangat lengkap.

AD memiliki 418 tank, 1089 kendaraan tempur lapis baja, 37 artileri swagerak, 80 artileri medan, dan 86 sistem peluncur roket beruntun. AU memiliki 441 alat udara, 147 helikopter, 5 helikopter tempur, 111 pesawat pengangkut tentara, dan 170 pesawat tempur. Sedangkan AL memiliki 221 kapal perang, diantaranya 8 kapal frigat, 24 kapal korvet, 23 kapal cepat, 48 kapal patroli, 12 kapal penyapu ranjau, 20 kapal serbaguna, dan 4 kapal selam.
Kebanyakan diantaranya memang kekurangan jumlah, dibandingkan dengan luasnya Indonesia. Misalnya 4 kapal selam, bukankah itu terlalu sedikit dibandingkan dengan luas Indonesia? Masak 4 kapal mau menyelami Indonesia yang luasya saja butuh bertahun-tahun untuk menjelajahinya.

Nah, bagaimana? Apa kamu cukup tercengang? Apa kamu mau menjadi tentara suatu hari nanti? Semoga prestasi tentara negara Indonesia menjadi lebih kuat seiring berjalannya waktu ya! Semoga semua hal yang mengusik kedamaian Indonesia dapat diatasi oleh kuatnya TNI! Terima kasih, semoga bermanfaat!

Oleh: Caecilia Ega Sanjaya

SHARE!

Caecilia Ega Sanjaya

"Hai! Aku Caecilia Ega Sanjaya, salah satu penerima anugerah Tunas Muda Pemimpin Indonesia 2016 di Mataram, NTB. Aku adalah penulis cilik dan telah menerbitkan 4 buku. Menulis adalah hobiku, 'I can do it (Aku bisa melakukannya)' itulah mottoku."

Follow


4 Mading


Ekspedisi Uang seribu

Kategori : AroundIndonesia

Sejuta Mimpi di Tanah Gurindam

Kategori : AroundIndonesia

Keliling Candi DIY-Jateng

Kategori : AroundIndonesia