Oleh : FADNTB1
Kategori : Forum Anak

Halo Anak Indonesia !
Saya Anak Indonesia, Saya Gembira !

Hari , tanggal dan bulan apapun itu, semua adalah hari anak. Bulan penuh kemerdekaan, kebahagian, dan bulan yang membuat gembira setiap orang. 14 Agustus 2017 tepatnya hari Senin, Forum Anak NTB telah merayakan Hari Anak Nasional tingkat Provinsi NTB, yang dihadiri oleh 1500 anak dari semua golongan di Taman Budaya Mataram. Salam, bertukar senyum, menyapa lainnya, melempar rasa gembira kepada setiap anak yang hadir, hari itu adalah benar benar hari milik kita,  Anak NTB.

Dibalik suasana penuh gembira dari 1500 Anak NTB, ada cerita  Anak Hebat dari Forum Anak NTB, dibantu juga oleh Ayah Bunda dari DP3AP2KB  dan BKKBN Prov. NTB, mereka telah melakukan persiapan sebulan yang lalu untuk menghasilkan perayaan Hari Anak Nasional yang Gembira. Dari mulai menyusun konsep acara yang tentunya akan membuat setiap orang yang datang  merasa senang. Persiapan untuk lomba mewarnai bagi adik TK/PAUD dan SD dikonsep sedemikian rupa, agar mereka bebas berimajinasi. Untuk menghilangkan rasa bosan, telah dipersiapkan juga berbagai permainan Tradisonal, seperti congklak, lompat tali, selodor, kotak pos, juga permainan kartu karakter dan ular tangga. Dan tidak lupa pula, aktivitas wajib Bunda dirumah untuk Anak yaitu mendongeng, juga dipersiapakan untuk menghibur adik-adik TK/PAUD dan SD.

Suasana hari itu semakin ramai dengan datangnya peserta dari tingkat SMP dan SMA, semua berbaur tanpa ada batas kelas atau jenjang pendidikan. Tidak lupa acara Hari Anak Nasional NTB juga dimeriahkan oleh teman-teman Forum Anak Kab/Kota di NTB, setiap FA mengirim 50 perwakilan anak, bahkan ada beberapa FA yang mengirim anak lebih dari 50. Acara Hari Anak Nasional digandengkan juga dengan pengukuhan pengurus Forum Anak NTB masa bakti 2017/2019  nantinya oleh Bapak Sekretaris Daerah Provinsi NTB.

Sebelum acara pembukaan Hari Anak Nasional dimulai, para duta anak NTB tahun 2016 dan 2017 sekaligus pengurus Forum Anak NTB yang sudah diminta untuk memakai pakaian adat SASAMBO (Sasak, Samawa, Mbojo) mengambil bagian masing-masing untuk menyambut semua peserta yang datang, mengajak bermain di kampung ramah anak, bermain permainan tradisonal, berdongeng, menyanyi bersama-sama dan berkenalan satu sama lain. Tampak dari wajah mereka sangat senang saat itu. Untuk anak yang sangat gemar membaca juga disediakan stand ramah anak, berisikan majalah Forum Anak (MALFORA), dan berbagai buku lainnya. Saling berbagi pengetahuan di stand Statusfan.com, tentang bagaimana cara menggunakan internet dengan baik, dan apa saja seharusnya kita lakukan untuk mengurangi pemakaian internet negativ.

Selanjutnya diawal acara, Forum Anak NTB menghibur semua peserta yang datang hari itu dengan menari bersama tarian Forum Anak Nasional 2017, Hari Anak Nasional 2016, dan 3End’s. Sampai pada kedatangan bapak SEKDA Provinsi NTB dan jajarannya, kepala DP3AP2KB, BKKBN dan instansi lainnya. Beliau disambut dengan lagu selamat datang dari semua peserta. Acara pengukuhan Pengurus Forum Anak NTB masa bakti 2017/2019 pun dimulai, dengan dibuka oleh pembacaan Suara Anak Indonesia oleh Duta Anak NTB 2017 yang berangkat ke Pekanbaru, Riau pada Acara Forum Anak Nasional 2017, dilanjutkan dengan pembacaan Suara Anak NTB 2017 oleh Ketua dan Wakil Ketua Forum Anak NTB 2017/2019.

Peserta dan tamu undangan lainnya dihibur dengan lagu  Jangan Menyerah oleh GEDE, seorang ABK yang memiliki suara merdu berumur 7tahun. GEDE berhasil membuka semua mata setiap orang yang datang, bahwa apapun yang kita hadapi, apapun rintangan yang datang, Tuhan bersama KITA, dan Jangan Menyerah. Terlepas dari GEDE, banyak anak hebat lainnya yang berani maju untuk mengeluarkan bakatnya saat acara Hari Anak Nasional berlangsung, dari mulai TK, SD, SMP, dan SMA. Penampilan yang sangat memakau dari 5 anak anak hebat yang sangat pandai bermain musik dan tentunya memiliki suara yang merdu. Mereka menyebut dirinya 5 kancing baju. Semua peserta sangat senang melihat penampilan dari 5 kancing baju. Lagu yang mereka bawakan mengandung semangat yang tinggi, dan motivasi untuk kita sebagai anak agar dapat terus menjadi anak hebat kebanggaan Ayah dan Bunda.

Dari semua penampilan anak anak hebat tersebut, Bapak SEKDA Provinsi NTB mengambil tempat didepan panggung dan memberikan arahan, semangat, motivasi untuk semua anak yang datang, dan juga semua anak diluar sana. Bapak SEKDA Provinsi NTB sangat bangga akan prestasi Anak NTB. Beberapa kali beliau berdiskusi dengan anak anak hari itu, dan melempar pertanyaan kepada semua anak atau peserta. Beliau senang, karna semua yang ditanyakan dapat dijaawab dengan baik. Senyum dan tawa memenuhi ruangan serbaguna Taman Budaya NTB.

Sampai pada penghujung acara Forum Anak NTB mengajak semua peserta dan Bapak SEKDA serta instansi lainnya untuk menari bersama seperti tarian yang  menjadi persembahan awal acara. Suasana ramai dengan suara tawa anak NTB, teriakan bahagia, dan menyanyi bersama. Tampak tidak ada perbedaan diantara kita. Semua menajadi satu. Dalam kata saudara.
 
 

SHARE!

FADNTB1

""

Follow


11 Mading