Oleh : FADNTB1
Kategori : Cerpen

SAYA GEMBIRA ! SAYA MERDEKA !
HALO ANAK INDONESIA !
SALAM MERDEKA !

Merdeka memiliki arti yang sangat luas. Merdeka menurut setiap orang berbeda-beda. Merdeka menurutmu tentu beda dengan merdeka menurutnya. 17 Agustus 2017, hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Negeri yang kaya katanya. Negeri yang ramah orangnya. Negeri dengan hamparan surga disetiap datarannya. Perkenalkan, kami anak indonesia. Ingin berbagi rasa gembira dan pengalaman merdeka tentunya. 

14 Agustus 2017, beberapa hari sebelum tanggal 17. Hari itu adalah hari anak nasional di provinsi Nusa Tenggara Barat. kami selalu antusias dengan segala yang berkaitan tentang hal itu. Kami  selalu punya banyak rencana apa yang akan kami lakukan hari itu. Iya kami bernyanyi dan menari dengan anak hebat dari NTB.

17 Agustus 2017. Hari Kemerdekaan Indonesia. Kami forum anak NTB selalu punya banyak cara untuk menyebar virus Gembira ke semua anak di NTB. Hari ini kami akan mengunjungi anak Laskar Gili Asahan, anak yang kurang beruntung, tidak seperti kita yang hidup dikota, penuh dengan hal yang serbaguna, instan dan lainnya. Sangat jauh berbeda dengan teman-teman disana. Mereka untuk sekolahpun berteman ayam dan hewan lainnya. Sampah, ranting pohon, dan sejenisnya sudah biasa kata mereka.

Subuh, pukul 5 kurang lebih, kami forum anak NTB berangkat dari Kota Mataram yang penuh dengan tawa ricuh dari penghuni kota menuju Lombok barat, tempat penyebrangan ke Gili Asahan. Gili Asahan adalah satu dari banyak pulau kecil di NTB tepatnya di Lombok. Namun Gili Asahan tidak seperti Gili yang terkenal lainnya, seperti Gili Trawangan contohnya. Pulau kecil, dengan surga didalamnya.

Kami sampai di Gili Asahan sekitar pukul tujuh, disambut dengan anak Laskar Gili Asahan, 13 anak hebat, 13 anak Gili yang selalu semangat untuk belajar, selalu gembira menyambut siapapun yang datang. Berharap ada sedikit sayang yang mereka sebar ketempat itu.

Kami forum anak NTB melakukan apel upacara Hari kemerdekaan dengan sesederhana mungkin bersama 13 Anak Gili lainnya. Selepas itu, kami berbagi kebahagian, dengan membagikan buku cerita, alat tulis, baju sekolah, tas dan sepatu. Mereka jarang berpakaian seragam lengkap untuk kesekolah. Kami juga membawakan peta indonesia, gambar-gambar lainnya yang dapat ditempel didinding. Semua ada tujuannya. Gambar tersebut akan ditempel didinding yang sudah koyak dimakan rayap, karna didinding terbuat dari kayu. Tidak lupa mengepel lantai sekolah 13 Anak Laskar Gili Asahan yang penuh dengan kotoran hewan, seperti ayam dan lainnya. Sangat menyenangkan bisa membantu dan tetap bisa tertawa gembira bersama.

Sekolah sudah rapi, sekarang nyaman untuk belajar. Tapi mereka bilang panas kalau didalam sekolah. Kami keluar duduk lesehan dipinggir pantai. Membaca dan bercerita apa yang mereka dan kita rasakan. Senangnya melihat mereka (anak Laskar Gili asahan) senang. Tidak hanya itu, kita bermain benteng diatas pasir pantai, bermain tarik tambang, berlari dipinggir pantai. Sekarang saatnya kami katakan, Negeri ini memang kaya, memang ramah, memang indah, tanpa katanya.


Tidak lupa dengan hari itu, hari kemerdekaan, kami menyanyikan lagu indonesia raya bersama, hebat mereka hapal. Menyanyikan lagu 17 agustus dengan lantang, dan lagu wajib nasional lainnya sebagai pelengkap hari kemerdekaan di Gili Asahan.

Merdeka bukan hanya tentang upacara di lapangan Istana Negara, Lapangan keGubernuran, atau lapangan lainnya, tapi merdeka itu tentang bagaimana kita sebagai anak bangsa, bisa bermanfaat untuk anak lainnya, bagaimana cara kita agar anak tersebut dapat merdeka seperti kita. Merdeka, tentang kita sebagai anak yang dapat tertawa lepas tanpa ada masalah, musibah, dan hal buruk lainnya. Terimakasih 13 Anak Laskar Gili Asahan, terimakasih atas definisi Merdeka untuk Tahun ini. Semoga kita dapat bergembira bersama di upacara hari kemerdekaan Indonesia, tentunya dengan the next generation Anak Laskar Gili Asahan. Jangan sampai gambar itu robek, itu pelindung dari panas sinar matarai yang masuk dari celah dinding kayu. Jangan biarkan anak ayam mebuang kotoran lagi, kemarin kalian sudah sering mengotori telapak kaki dengan kotoran ayam. Sampai jumpa 13 Anak Laskar Gili Asahan.

 
 

SHARE!

FADNTB1

""

Follow


11 Mading


NOVEMBER RAIN

Kategori : Cerpen

Hujan Adalah Kebahagiaan Ku

Kategori : Cerpen

"Aku dan Leukimia"

Kategori : Cerpen