Oleh : Sahabat
Kategori : Internet Sahabat Anak

Kami menyadari bahwa peran Forum Anak ialah 2P (Pelopor dan Pelapor). Menurut Kami tema pada dafa award kali ini sangat menarik dan kebetulan kegiatan yang kami lakukan sangat cocok pada tema dafa award tahun ini. Sebelum kami melakukan roadshow ini, Kami tentunya melakukan proses pembekalan apa saja materi yang akan kami sampaikan, apa saja yang akan kami lakukan agar tidak terlihat gugup di depan banyak teman-teman yang akan kami sosisalisasikan nantinya. Proses kami belajar menyampaikan materi adalah kami mengumpulkan para anggota yang berkenan untuk meluangkan waktunya, dan berani tampil di depan tanpa di tunjuk. Dengan tekat kami yang berapi-api semua ingin menyampaikan materi, hahaha sendah gurau pun serta semangat terjalin sangat erat saat itu dan melihat semakin percaya dirinya kami untuk menyampaikan materi dalam kegiatan Roadshow Go To School FORARI. Dengan semangat kami yang berapi-api, maka semua menyampaikan materi nya dan di bagi-bagi di tiap sekolah, karena kami Forum Anak Kepulauan Riau menargetkan kegiatan ini untuk mensosialisasikan ke seluruh 7 Kabupaten/kota. Mengingat Kepulauan Riau dengan 7 Kabupaten/kota terdapat berbagai pulau memisahkan kami yang sekretariatnya di Tanjungpinang untuk ke Pulau Batam, Karimun, Lingga, dan Anambas. Namun, ini tidak mematahkan semangat kami, untuk bersosialisasi ke seluruh 7 Kabupaten/Kota dalam mengangkat materi mengenai judul seperti pernikahan usia dini, maraknya penculikan anak, apa itu forum anak, internet sehat dan pedofil.

Tepat pada tanggal 01 April 2017 pukul 07.30 WIB, kami melakukan roadshow bersamaan langsung dan membagikan 2 kelompok yaitu ke SMPN 7 Tanjungpinang dan SMPN 16 Tanjungpinang. Keduanya bersamaan dengan waktu dan masing-masing sekolah kami menyampaikan apa itu forum anak, bagaimana tata cara penggunaan internet sehat, pernikahan usia dini, maraknya penculikan anak yang baru beredar ini dan pedofil. Sungguh luar biasa responden yang kami terima dari kedua sekolah tersebut. Karena begitu kami menyampaikan materi-materi yang telah di tentukan, semua teman-teman yang mendengarkan sangat hening saat kami menyampaikan materi, tidak peduli panas dan mereka senang melihat yel-yel yang kami bawa dan yel-yel nasional tentang anak, yaitu seperti Siapa kita ???? anak Indonesiaa... Anak Indonesiaaaa... 100% cinta Indonesiaaa..... itu merupakan tepukan kita semua Forum Anak secara nasional yang sama-sama kita ketahui. Kemudian tidak kalah hebohnya lagi, kami mengajarkan mereka untuk mengikuti tepuk hak anak, dan teman-teman yang kami perbuat seperti tepuk hak anak, mereka sangat ceria, tertawa, dan senang. Sungguh luar biasa semangat mereka, sehingga tidak membuat kami bergetaran di depan mereka. Awalnya, kami PD akan menyampaikan materi saat pembekalan materi sebelum hari H, alhasil pas hari H kami rata-rata sebelum ke sekolah tujuan kami, semuanya pada dingin, pada gerogi, tapi dengan itu respon yang sangat luar biasa dari pihak sekolah membuat kami semangat lebih, dan seperti di beri dukungan yang maksimal oleh mereka dan mereka sepertinya siap untuk mendengarkan apa yang akan kami sampaikan. Salah satu kegiatan serta pembelajaran yang sangat berharga bagi kami, karena kami terlatih untuk berbicara di depan orang ramai, keberanian serta menunjukkan suatu sikap komitmen pada organisasi forum anak.

Berjalannya waktu kurang lebih seminggu, pada tanggal 08 April 2017 tepat pada pukul 07.30 WIB, kami melakukan hal yang sama yaitu Roadshow Go To School Forari yaitu SMPN 2 Tanjungpinang, SMPN 3 Tanjungpinang dan SMPN 4 Tanjungpinang dan bekerja sama dengan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), lagi-lagi kami menyampaikan hal yang sama yaitu apa itu forum anak, pernikahan usia dini, internet sehat, pedofil dan maraknya penculikan anak. Kami melakukan roadshow ini sama sekali sudah terbiasa dengan hal ini, karena kami semua sudah merasakan nya bagaimana perasaan ketika pendengar kita bersemangat untuk menerima kita serta mendengarkan kita. Kami sangat merasa di hargai oleh mereka. Selama kami menyampaikan materi, teman-teman para pendengar, ketika kami menanyakan berapa sih umur yang masih bisa dikatakan ANAK ? Setelah beberapa sekolah yang kami Roadshow, mereka rata-rata tidak mengetahui sebenarnya yang bisa dikatakan Anak. Maka Roadshow yang kami lakukan ini sangat bermanfaat bagi khalayak ramai. Lebih dahsyatnya lagi setelah kami melakukan penyampaian materi, kami langsung di dekati oleh teman-teman sekolah yang katanya ingin bergabung ke forum anak, karena mereka melihat kami menyampaikan selain materi yang itu tadi mengenai tepuk hak anak dan lain-lain sebagainya kelihatan asik dan ceria serta mereka ingin tampil seperti kami.

Bahkan setelah mereka kami gabungkan ke forum anak, mereka juga langsung ingin melakukan hal yang sama seperti kami, mereka sangat PD, berani untuk hal itu karena kita melihat mereka baru saja bergabung tapi mereka mau berbuat. Kemudian pada tanggal 15 april juga Forum anak Bintan juga melakukan roadshow bersamaan kami, sungguh semangat nya kami Forum anak seluruh Kepulauan Riau. Karena di kabupaten/kota lainnya juga melakukan hal yang sama.

Kemudian pada tanggal 04 Mei 2017 saya Muhammad Aidil selaku ketua Forum Anak Kepulauan Riau (FORARI) dari Tanjungpinang, langsung turun ke daerah Anambas untuk melakukan Roadshow bersamaan Forum Anak Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (FADKKA) sekaligus menguatkan tali silahturahmi kami antara Forum anak kabupaten/kota dengan Forum anak provinsi untuk tidak miss komunikasi karena menurut saya itu adalah salah satu hal yang sangat penting dalam organisasi, karena sebelum-sebelumnya Forum Anak Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas kurang mengerti sistematika roadshow, karena mungkin kebetulan juga baru berganti kepengurusan baru. Maka dengan kedatangan saya bersamaan pembina forum anak kepri kami kuatkan mereka bagaimana cara-cara bermitra ke dinas-dinas terkait dalam melaksanakan suatu kegiatan. Alhamdulillah, roadshow yang saya lakukan bersama Forum Anak Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (FADKKA) berjalan dengan baik dan lancar yang berkisaran kurang lebih 400 orang mendengar materi apa yang kami sampaikan.
Kemudian dengan semangat yang luar biasa, lagi-lagi saya sebagai ketua Forari harus juga mengkoordinasi seluruh Forum anak 7 Kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kepulauan Riau. Maka pada tanggal 10 Mei 2017 saya lagi-lagi roadshow ke Tanjungbalai Karimun tentunya bersamaan dengan Forum Anak Kabupaten Karimun (FORAKKA). Saya disini belajar mandiri serta men sharing apa yang telah saya dapatkan selama roadshow ke kabupaten/kota lainnya untuk menjelaskannya ke Tanjungbalai karimun.

Pada tanggal 12 Mei 2017 pukul 07.30 WIB, dengan semangat juang kami, kami melakukan roadshow ke 2 sekolah yaitu SMPN 1 KARIMUN dan SMKN 2 WIDYA KARIMUN dan lagi-lagi anggota FORAKKA tidak mau kalah dengan Forum Anak di Kabupaten/kota lainnya, mereka sangat mau belajar dari saya bagaimana penyampaian materi serta sistematika roadshow yang baik. Alhamdulillah dengan semangat belajar nya, kami dapat menyampaikan materi-materi yang telah kami susun yaitu “Internet Sehat, Bahaya Rokok dan Marak nya penculikan pada Anak”.

Maka, dengan roadshow yang kami lakukan oleh Forum anak kepulauan riau, sangat banyak pembelajaran yang kami dapatkan, serta sangat senang dan merasa diri terlatih dalam berbicara di depan orang ramai. Target kami telah tercapai, yaitu kurang lebih 5000 anak telah mendengarkan apa itu Forum Anak, Internet Sehat, Bahaya rokok, Pernikahan usia dini, pedofil dan lain-lain sebagainya.
SALAM ANAK INDONESIA !!!!

SHARE!

Sahabat

""

Follow


33 Mading


Pemuda Hebat, Indonesia kuat

Kategori : Internet Sahabat Anak

ANAK/REMAJA DAN MEDIA SOSIALNYA

Kategori : Internet Sahabat Anak

Pentas Boneka Tangan Forum Anak Surakarta

Kategori : Internet Sahabat Anak