Oleh : Adam Khaira
Kategori : Internet Sahabat Anak

Proteksi Konten Negatif Internet
 
Kota Bogor adalah sebuah kota di Provinsi Jawa BaratIndonesia. Kota ini terletak 59 km sebelah selatan Jakarta, dan wilayahnya berada di tengah-tengah wilayah Kabupaten Bogor. Dahulu luasnya 21,56 km², namun kini telah berkembang menjadi 118,50 km² dan jumlah penduduknya 1.030.720 jiwa (2014). Bogor dikenal dengan julukan kota hujan, karena memiliki curah hujan yang sangat tinggi. Kota Bogor terdiri atas 6 Kecamatan yang dibagi lagi atas sejumlah 68 Kelurahan. Pada masa Kolonial Belanda, Bogor dikenal dengan nama Buitenzorg (pengucapan: boit'n-zôrkh", bœit'-) yang berarti "tanpa kecemasan" atau "aman tenteram". Kota Bogor adalah kota penopang ibukota,

Dahulu Kota Bogor bukan merupakan kota Metropolitan. Perkembangan  teknologi di Kota Bogor berjalan dengan perlahan. Kita dapat melihat perkembangan itu mulai dari kendaraan, alat komuniksi hingga cara bermain anak-anak.

Seiring dengan berkembangnya zaman, kini semua masyarakat Kota Bogor semakin mengenal teknologi, misalnya internet.Setelah mengenal internet, kebanyakan masyarakat Kota Bogor tidak bisa terlepas dari Internet. Mengapa? Karena internet merupakan komponen yang sangat dibutuhkan baik untuk berkerja, mengerjakan tugas hingga bermain.

Seperti yang kita lihat sekarang, rata-rata anak di Kota Bogor sudah mengerti teknologi. Bahkan untuk mengisi waktu luang mereka lebih memilih untuk bermain game dibandingkan bermain dengan temannya di luar. Setiap daerah di Kota Bogor kini pasti memiliki warnet karena masyarakatnya yang sudah tidak bisa lepas dari internet.
Seperti yang kita tahu, anak-anak memiliki rasa penasaran yang tinggi sehingga mereka mencoba berbagai konten yang terdapat di internet. Namun, mereka tidak bisa memilah mana konten yang baik dan mana konten yang buruk. Banyak perilaku menyimpang yang dilakukan anak-anak akibat pengaruh dari internet.

Nah ,untuk mencegah hal tersebut kita harus mempelajari bagaimana cara menggunakan internet yang sehat. Internet sehat itu apa sih? Yang dimaksud dengan Internet sehat adalah aktifitas manusia yang sedang melakukan kegiatan online baik browsing, Chatting, Social media, upload dan download secara tertib, baik dan beretika sesuai norma-norma dan aturan yang berlaku di masyarakat. 

Forum Anak Kota Bogor (FANATOR) pernah mengikuti acara KUMPUL BARENG EPISODE 1 : PROTEKSI INTERNET DARI KONTEN NEGATIF INTERNET hasil kerja sama founder statusfan.com dengan Fanator yang diselenggarakan pada hari Minggu tanggal 15 Mei 2016 pukul 13.00- 16.00 WIB di Aula BPMKB kota Bogor. Kita menggundang 2 Duta Incakap yaitu Ayu dari Jakarta dan Syahna dari Kota Bandung.

Acara tersebut diawali dengan makan siang bersama Disana, kita diberi pengetahuan tentang bagaimana cara memproteksi internet kita dari konten-konten negatif. Dan juga, tidak lupa kita mengundang teman-teman Forum Anak lain yang berasal dari Jabodetabek. Selama acara tersebut, para peserta cukup antusias untuk menambah ilmu tentang Internet. Adapun Ayu, Duta Incakap 2016 yang turut menyampaikan pengalaman dan pengetahuannya tentang Internet.

Bukan hanya materi saja yang didapat, tetapi kita juga langsung mempraktikan langsug cara-cara memblokir situs-situs negatif.  Dan diakhir acara semua orang memperkenalkan diri dan asal forum. Jadi, disana kita juga saling mengenal satu sama lain.
 

SHARE!

Adam Khaira

""

Follow


3 Mading


Pemuda Hebat, Indonesia kuat

Kategori : Internet Sahabat Anak

ANAK/REMAJA DAN MEDIA SOSIALNYA

Kategori : Internet Sahabat Anak

Pentas Boneka Tangan Forum Anak Surakarta

Kategori : Internet Sahabat Anak