Oleh : Sahabat
Kategori : Internet Sahabat Anak

Memperingati HUT Forum Anak Surakarta dengan “Pentas Boneka Tangan”
 
HUT Forum Anak Surakarta yang ke-10 jatuh pada tanggal 3 Desember 2016. Nah, untuk merayakan kegembiraan ini sekaligus berbagi ilmu dan pengalaman, kami berniat untuk mengadakan roadshow pentas boneka tangan ke 5 kecamatan yang ada di Surakarta dalam satu Minggu. Boneka dan cerita sudah kami siapkan sebelumnya, karena sebelumnya acara serupa sah pernah kami selengrakan dalam memperingati Hari Anak Nasional 2016. Jadi kami hanya tinggal berlatih dan persiapan-persiapan teknis seperti membuat undangan, menyiapkan tempat, dekorasi, konsumsi, dan hadiah-hadiah hiburan. Kami mengudang sekitar 50 anak tiap harinya atau tiap kecamatan, yaitu kecamatan Serengan, Pasar Kliwon, Banjarsari, Jebres, dan Laweyan, dalam 5 hari.

Cerita yang kami usung masih sama, mengenai 3 orang anak bernama Sinta, Malika, dan Alvin. Dari tokoh Sinta kita belajar untuk menggunakan internet sehat dan menghindari kekerasan seksual. Dari Malika kita belajar untuk tidak melakukan kekerasan psikologis seperti bulying. Sedangkan dari tokoh Alvin kita belajar mengenai kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Cerita yang kami usung dibawakan dengan sederhana. Tak lupa disisipi humor-humor yang mengundang gelak tawa. Berhubung penontonnya adalah anak-anak dengan kisaran usia SD-SMP, maka kami gunakan bahasa yang sederhana dan melakukan interaksi dengan penonton saat bercerita. Tak lupa kami berikan apresiasi bagi mereka yang sudah berani berbicara. Selain bercerita kami juga menyanyikan lagu-lagu edukatif seperti lagu anti kekerasan seksual dan lain-lain.

Kami sangat bahagia karena peserta sangat antusias mengikuti acara ini. Terlihat dari respons mereka yang sangat aktif. Kami berharap bahwa semua ilmu yang kami sampaikan ini bisa diterima dan diterapkan di kehidupan adek-adek semua. Intinya, Ilmu tetap harus bisa dibagikan walau dengan cara yang sangat menyenangkan.
 

SHARE!

Sahabat

""

Follow


25 Mading


Pentas Boneka Tangan Forum Anak Surakarta

Kategori : Internet Sahabat Anak

Wujudkan Internet Sehat Melalui PERDES Pasal 34

Kategori : Internet Sahabat Anak

Proteksi Konten Negatif Internet

Kategori : Internet Sahabat Anak