Sumber gambar : Dokumentasi Forum Anak Samawa

Dipublis : Mar 30, 2017 - dibaca : 350x
Lomba Sakeco dan Duet Vocal Tingkat SMA dalam Rangka Merayakan HUT Kabupaten Sumbawa ke-58

Oleh : Fathi
Kategori : Liputan

Halo tode-tode Indonesia!!
 
Beberapa waktu lalu Forum Anak Samawa mengadakan lomba lomba sakeco dan duet vocal tingkat SMA dalam rangka menyambut HUT Kabupaten Sumbawa ke-58, Minggu (5/3) di aula SMKN 1 Sumbawa Besar.

lomba ini dilaksanakan, seluruh panitia yang terdiri dari pengurus Forum Anak Samawa telah melakukan persiapan dari jauh hari untuk mempersiapkan kegiatan tahunan yang selalu kami adakan ini untuk menyambut HUT kabupaten kami, Kabupaten Sumbawa. Sehari sebelum kegiatan kami berlangsung, kami semua mempersiapkan segala perlengkapan dan dekorasi untuk lomba dari siang sampai malam hari, tidak lupa juga kami melakukan briefing untuk kegiatan esok hari demi menyukseskan acara yang telah kami persiapkan sejak jauh hari.

Di hari dimana kegiatan kami dilaksanakan, seluruh panitia telah tiba di lokasi kegiatan sejak jam setengah enam pagi untuk kembali memastikan kembali kesiapan seluruh unsur yang akan digunakan nanti ketika lomba berlangsung. Tema yang kami bawa pada acara kegiatan ini adalah “Barema Tu Lestarikan Budaya Tana Samawa Ade Hebat ke Bermartabat”. Salah satu mata lomba yang diadakan adalah sakeco, sakeco adalah suatu karya sastra daerah Sumbawa yang berisi cerita atau kata-kata yang biasa disebut “lawas” yang memiliki makna berupa nilai-nilai pendidikan, sosial, politik, agama dan lain-lain yang disenandungkan menggunakan alat music yang disebut rabana ode, sakeco biasa ditampilkan saat acara adat,pentas seni dan acara-acara lainnya yang dimainkan oleh laki-laki maupun perempuan yang berjumlah dua sampai empat orang. Acara dimulai pukul 9 pagi, sebelum acara dibuka seluruh tamu undangan dan peserta bersama-sama menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan laporan kegiatan yang disampaikan oleh Ketua Forum Anak Samawa. Acara ini dibuka oleh Kabid Kebudayaan Dinas Diknas Kabupaten Sumbawa, yang dilanjutkan dengan doa bersama.

Setelah acara pembukaan selesai, lomba langsung dimulai. Agar tidak berjalan monoton maka lomba diadakan selang seling antara sakeco dan menyanyi. Masing-masing peserta membawakan penampilan khasnya sehingga semua orang yang berada di lokasi acara merasa terhibur semua. Termasuk juga sakeco yang dibawakan oleh masing-masing peserta yang berbeda sehingga ada banyak pesan yang dapat diserap oleh semua yang hadir saat acara.

Setelah semua peserta lomba selesai tampil, kami mengadakan kuis bagi siapa saja yang berada di acara untuk mengisi waktu kosong selama juri menentukan siapa yang meraih juara dalam lomba ini, kami juga memperkenalkan apa itu Forum Anak Samawa kepada para hadirin untuk dapat mengetahui apa fungsi dan tujuan dibentuknya forum anak di Kabupaten Sumbawa ini tidak hanya itu kami juga memperlihatkan dokumentasi dari forum anak kami baik dalam bentuk foto maupun video.

Sesudah juri mendapatkan hasil dari perlombaan tersebut, juri pun langsung mengumumkan siapa yang menjadi juaranya sembari menyampaikan kriteria penilaian dari juri. Sebelum acara ditutup, ada beberapa hal yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Ikraman, S.Pt selaku Ketua LPA Kabupaten Sumbawa tentang Forum Anak Samawa dan tindak lanjut dari pendeklarasian Kabupaten Sumbawa menuju “Kabupaten Layak Anak”. Setelah semua rangkaian acara selesai, maka acara ditutup secara resmi.

Acara ini tidak hanya dihadiri pengurus Forum Anak Samawa yang baru namun juga dihadiri pengurus lama yang akan menamatkan SMA-nya tahun ini, momen ini juga kami jadikan sebagai ajang silaturrahim antara pengurus baru dengan pengurus lama dan juga untuk memperkuat komunikasi antar pengurus. Acara ini juga dihadiri  dua forum anak kecamatan yang beberapa bulan lalu dibentuk yaitu Forum Anak Kecamatan Lape dan Forum Anak Kecamatan Lopok, semoga saja dengan dibentuknya dua forum anak kecamatan ini dapat memberikan dampak positif bagi anak-anak di Sumbawa, khususnya di kecamatan mereka masing-masing dan juga sembari terus berkomunikasi dengan forum anak kabupaten untuk mewujudkan Kabupaten Sumbawa yang layak anak.
 
 
 
 

SHARE!

Fathi


3 Mading