Forum Anak Butta Toa (FABT)

Lapak Baca

Oleh : Forum Anak Butta Toa (FABT)
Kategori : Isue lainnya

Lapak baca merupakan suatu program baru yang pada priode tahun ini mulai dilaksanakan. Bermula tanggal 14 Januari 2017, lapak baca pun menjadi kegiatan rutin kami setiap minggunya. Lapak baca sendiri merupakan salah satu kegiatan atau program tetap FABT yang bekerja sama dengan komunitas BACA BANTAENG yang merupakan komunitas hasil kreatifitas pemikiran salah seorang fasilitator kami, Kak Badrul.
Kegiatan ini biasanya dilaksanakan pada pukul 16.00-17.45 setiap hari Sabtu. Dilaksanakan di Lapangan Pantai Seruni dengan maksud akan banyak pengunjung yang tertarik dengan kegiatan ini karena letaknya yang strategis. Kami dari FABT terjun langsung dalam kegiatan ini. Mulai dari mengumpulkan buku, kemudian menyortirnya, lalu menata buku di lokasi, hingga menarik minat baca masyarakat khususnya anak-anak yang ada di sekitar tempat tersebut.

Bermula dari pengamatan kami sendiri tentang kurangnya minat membaca, akhirnya kami berinisiatif untuk menciptakan sutau program yang dapat meningkatkan minat baca anak-anak di kabupaten Bantaeng dengan konsep yang lebih menarik. Kami berfikir dengan ditempatkannya lokasi program ini di pusat kota Bantaeng dapat menarik perhatian orang-orang di sekitar tempat itu. Selain itu, menurut beberapa penelitan, membaca di ruang terbuka juga dapat menambah daya fikir kita, daya rangsang otak dan lebih cepat mencerna apa yang kita baca. Satu lagi, kami juga bermaksud menciptakan suatu program membaca yang tak lepas dari sifat kekeluargaan. Sifat kekeluargaan itu tak hanya berdampak bagi para pengurus yang kiranya tengah melakukan program tersebut namun juga berdampak pada para pengunjung yang dapat bercengkrama di sela-sela membaca buku tentunya di ruang terbuka dengan ditemani suguhan angin sepoi-sepoi pantai Seruni.

Sama seperti kegiatan-kegiatan lainnya, tentu tidak selamanya lapak baca ini berjalan dengan lancar. Khusunya di kala hujan, lapangan tentu menjadi basah sehingga tidak layak untuk kami tempati dalam menjalankan program ini. Namun, di balik segala masalah tentu ada solusinya, Tribun pantai Seruni juga dapat kami manfaatkan sebagai lokasi pelaksanaan proram ini. Tapi tentu saja, pengunjung lapak baca akan lebih sedikit ketika sedang hujan dibanding pada hari-hari cerah biasanya. Namun semua itu bukan menjadi halangan bagi kami dan penyurut semangat kami dalam melakukan program ini demi kehidupan masyarakat dan anak-anak Bantaeng yang mengedepankan literasi membaca.

Mendapatkan banyak pengunjung di lapak baca kami merupakan kebahagiaan tersendiri bagi kami. Bukan soal pencitraan namun kebahagiaan itu muncul sendiri dari dalam hati kami saat melihat minat dan antusias membaca masyarakat atau anak-anak Bantaeng yang semakin meningkat.

Dimulai dari hal-hal kecil seperti ini kami berharap ada sorotan bagi program kami ini bukan tentang siapa yang mengagumkan nama siapa, bukan tentang siapa yang memberikan penghargaan kepada siapa, juga bukan tentang siapa yang memberi citra kepada siapa. Namun ini semua tentang masyarakat Bantaeng. Bagaimana membaca yang dapat memberikan kita semua manfaat, bagaimana membaca yang dulu banyak diminati kini bisa terlahir kembali untuk masa depan kabupaten Bantaeng yang lebih cemerlang. Tentunya dengan memfokuskan para pengunjung anak-anak merupakan titik fokus terpenting karena anak-anak merupakan pelopor harapan bangsa nantinya.

Manfaat utama dari pelaksanaan lapak baca ini tentunya untuk meningkatkan minat baca masyarakat khususnya anak-anak. Selain itu juga untuk menyukseskan program pemerintah dalam melaksanakan program literasi membaca. Satu lagi, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengubah pola fikir masyarakat khususnya anak-anak yang beranggapan bahwa membaca itu membosankan, sehingga program ini kami kemas dengan bentuk yang semenarik mungkin.

Semoga masyarakat Bantaeng khususnya anak-anak bantaeng mendapatkan kebermanfaatan dan minat baca masyarakat dari kabupaten bantaeng lebih meningkat. Juga untuk lapak baca semoga bisa berkembang dan fasilitasnya dapat bertambah banyak mulai dari rak buku dan bukunya. Adapun renencana kami akan membuka kelas-kelas di lapak baca ini mulai dari kelas resensi, kelas bahasa inggris dan kelas seni. Salam Literasi !!

 

SHARE!

Forum Anak Butta Toa (FABT)

""

Follow


20 Mading


Kenalan Yuk dengan Generasi Budaya

Kategori : Isue lainnya

Peran Keluarga Dibutuhkan Sang Anak

Kategori : Isue lainnya

Kongres Forum Anak Butta Toa

Kategori : Isue lainnya