Oleh : Maverick
Kategori : Internet Sahabat Anak

Hai, namaku Michelle Maverick, umurku 11 tahun. Aku duduk di kelas 5 Homeschooling Primagama. Sebelum bergabung di Homeschooling Primagama, aku sekolah di Kinderfield sejak TK sampai kelas 4 SD.

Sejak bergabung di lembaga homeschooling, aku sangat membutuhkan jaringan  internet di rumahku. Karena sistem belajar homeschooling memakai aplikasi Skype dengan guru-guraku yang ada di Jogja.. Aku memilih Homeschooling kelas Cambridge International.

Untukku, tanpa internet hidupku akan terasa sulit dan tidak seru. Aku akan merasa sulit berkembang dan menjadi pintar kalau internet tidak ada. Internet menurutku adalah buku kedua bagiku. Buktinya, belajar pun membutuhkan internet untuk browsing kalau ada tugas dari sekolah atau di luar sekolah. Selain dari buku, dari media cetak, aku tetap cari informasi dari internet untuk menambah pengetahuan. Semua yang tidak ada di buku pelajaran bisa didapatkan lewat internet. Dengan internet kita mendapatkan informasi terkini yang kita butuhkan. Melalui internet kita juga dapat melihat masa lalu, masa kini, bahkan masa depan.

Internet memudahkan aku untuk berkomunikasi dengan keluarga dan teman jauh di Indonesia atau luar negeri. Tetapi tetap aku selalu ditemani mama aku kalau sedang membuka internet. Mama aku tidak izinkan untuk membuka internet sendirian karena banyak juga kejahatan melalui internet. Aku pun sudah punya banyak account media social pribadi atas nama aku, seperti Instagram, Twitter, Facebook, Line, Yahoo dan Youtube. Tapi itu semua mama aku yang membuatnya dan aku belum boleh eksis di media sosial sendirian. Intinya, kalau membuka internet harus bersama mama aku karena aku masih kecil dan belum punya handphone pribadi juga. Jadi semua account media social atas namaku ada di handphone mama aku.

Jika tidak ada internet, anak-anak jaman sekarang tidak akan dapat berkembang. Sekarang, ada mainan baru yang bernama slime dan squishy. Mainan-mainan tersebut dapat terkenal karena melalui internet. Anak-anak pun dapat membuatnya sendiri dengan mencari artikel atau video tentang cara membuat slime, model-model slime dan squishy terbaru dan cara membuatnya, dan dapat membelinya melalui toko online juga.

Kebanyakan ibu-ibu dan anak-anak perempuan jaman sekarang belajar memasak dengan melihat resep-resep makanan melalui internet. Mereka pun dapat mencoba membuat masakan baru tetapi tetap melalui internet. Kenapa demikian, karena mereka harus tahu bahan-bahan apa saja yang diperlukan dan yang tidak diperlukan..

Internet juga dapat menghasilkan uang. Salah satu cara yang sudah sering kita dengar adalah berjualan di toko online. Pertama, kita harus membuat nama toko kita, contohnya Sell Spinner and Slime. Jika sudah,  kita harus memasukkan email dan password email kita. Setelah itu masih ada beberapa tahap untuk berjualan di toko online. Jika kita ingin menjual sesuatu, kita harus mengambil gambar barang yang akan kita jual. Setelah itu kita tulis nama barang tersebut dan harganya. Jika sudah, kita tulis deskripsinya. Setelah semua tahap selesai, terakhir adalah klik tombol OK dan barang kita dapat dilihat oleh orang lain dan siap untuk  dijual.

Nanti jika ada yang membeli barang kita, barang tersebut dikirim ke lokasi pembeli menggunakan ojek online atau sudah disediakan dari toko online. Pembayarannya tergantung yang kita inginkan, jika bayar di tempat, barang tersebut akan dikirim dan pembeli membayar melalui pengirimnya, contoh ojek online mengirim spinner, setelah itu pembeli menandatangani surat-surat dan membayarnya ke ojek online tersebut. Nanti ojek online tersebut mengirim uangnya ke kita.

Jika bayar melalui transfer, pembeli akan transfer uang dengan harga yang sesuai dan barang yang dibeli akan dikirimkan.

Selain itu aku juga pernah bermain game online seperti Growtopia dan Clash of Clan setiap liburan sekolah. Bermain games untuk refreshing dan membuat kita bahagia. Ternyata bermain game bisa menghasilkan uang, dengan cara bermain sampai levelnya tinggi dan bagus. Setelah itu kita broadcast di dalam game tersebut (jika ada layanan broadcast di game tersebut) atau menjualnya ke teman-teman kita (jika tidak ada layanan broadcast di game tersebut) kalau kita menjual akun yang sudah tinggi levelnya. Jika ada yang ingin membeli, kita ajak ketemuan di sebuah tempat, tentu saja harus bersama orang tua jika kita masih anak-anak. Jika uangnya sudah diterima, handphone pembeli kita pinjam dan kita memasukkan akun kita di dalam game pembeli. Selama ini, aku belum pernah menjual melakukan itu karena levelnya rendah.

Kadang-kadang aku juga suka main games bola online. Karena aku suka main games jadi aku juga belajar technology coding bikin games, bikin website. Belajar software dan hardware komputer pasti butuh jaringan internet juga.. Selain itu aku juga suka buka youtube untuk belajar, misalnya aku lagi mau latihan pantomime, latihan magic, mau liat permainan bola, dan mau dengerin music yang lagi ngetop. Tapi biasanya aku download saja jadi dapat dibuka berulang-ulang kapan saja tanpa kuota data lagi.

Jika tidak ada internet, pasti kita akan kesulitan jika pergi kemana-mana dengan keadaan negara kita yang setiap daerahnya sering berubah. Jika kita ingin pergi ke suatu tempat yang belum kita ketahui, kita harus menggunakan GPS. Kalau tidak ada internet, aplikasi GPS tidak dapat dibuka. Kita dapat memantau dan melihat kemacetan di jalan raya melalui google map juga. Kita pun dapat bertanya ke teman kita yang hafal  tempat yang kita tuju dengan meneleponnya atau chat dengannya. Sedangkan membuka aplikasi chat saja membutuhkan internet. Benar kan teman-teman..

Menurutku, jika internet tidak ada, kita juga tidak akan dapat mengobrol dengan saudara atau teman kita yang tinggalnya jauh dari rumah kita. Pasti kita sudah tidak asing lagi dengan aplikasi WhatsApp. Kita dapat menelepon dan chatting dengan teman. Kita juga tidak akan mendapat informasi dari teman-teman kita. Aku juga memakai aplikasi Whatsapp untuk belajar bersama dengan temanku di Banjarmasin. Walaupun aku masih kecil, aku sudah dapat membantu dan mengajari temanku untuk belajar Bahasa Inggris melalui video call dan chatting. Aku sangat senang sekali dapat berbagi ilmu dengan temanku yang jauh di Banjarmasin. Jarak dan waktu bukan masalah dengan adanya jaringan internet untuk berkomunikasi dengan siapapun di manapun.

Selain melalui Skype, Email pun sering aku gunakan untuk kebutuhan belajarku, untuk mengirim materi pelajaran. Email digunakan untuk mengirim data-data apapun yang diperlukan. Sebagai Reporter Cilik dan Ambassadir Kidzania, aku juga harus mengirimkan laporan kerjaku setelah melakukan kunjungan kerja dan mewawancarai beberapa orang penting.  

Kegunaan Twitter, Facebook, Snapchat dan Instagram sama karena kita dapat memosting gambar, karya seni, kegiatan yang dilakukan, prestasi dan lain-lain. Ini adalah salah satu cara untuk menjadi terkenal. Jika banyak orang yang suka dengan postingan kita di media social tersebut, kita akan dikenal dan menjadi selebgram. Kita juga dapat mengikuti beberapa lomba, casting film dan mendapat beberapa berita melalui media social. Jika internet tidak ada, kita tidak akan menjadi terkenal dan dikenal orang banyak di seluruh dunia. Jika ingin bermain film, kita harus mengikuti casting. Informasi casting didapat dari internet.

Jika ingin mengikuti lomba mewarnai, kita pun harus mendapat informasinya melaui internet.
Jadi menurutku, internet itu adalah kebutuhan primer. Aku memakai internet secara rutin setiap saat, seperti kita makan dan minum setiap hari. Karena komunikasi manusia dengan dunia luar sudah hampir semuanya melalui jalur internet walaupun masih ada komunikasi melalui jalur telpon dan sms biasa.  
Dengan kebutuhan dan kegunaan jaringan internet yang sangat primer untuk semua manusia, maka jika jaringan internet di dunia terputus, berarti semua akan menjadi terhambat, seperti mendapat dan memberikan informasi, komunikasi dengan dunia luar, kita tidak dapat berkomunikasi dengan alien juga.. hehee..

Sekolah juga menjadi terganggu, transportasi pun pasti akan berantakan dan dapat merugikan masyarakat dan negara. Karena transportasi udara, darat dan laut sekarang memakai sistem yang perlu jaringan internet. Jadi kita harus selalu menjaga agar internet tidak terputus dan memakai jaringan internet untuk hal yang positif dan tidak boros. Kecuali kalau internet di dunia putus karena sabotase teroris atau fenomena alam, misalnya ada tsunami, gempa bumi, kita harus membantu dengan berdoa pada Tuhan Yang Maha Esa agar keadaan kembali normal dan aman. Namun, kita juga tetap membiasakan diri untuk tidak tergantung pada internet jadi kita dapat mengatasi semua masalah dengan diri kita sendiri.
 
Writer : Michelle Maverick _ Homeschooling Primagama Grade 5.
 
 
 

SHARE!

Maverick

""

Follow


1 Mading


ANAK/REMAJA DAN MEDIA SOSIALNYA

Kategori : Internet Sahabat Anak

Pentas Boneka Tangan Forum Anak Surakarta

Kategori : Internet Sahabat Anak

Wujudkan Internet Sehat Melalui PERDES Pasal 34

Kategori : Internet Sahabat Anak