Oleh : Forum Anak LOTIM
Kategori : Stop Pernikahan Dini

Halo Anak Indonesia!
Salam kenal leman kanak Sasak!

03/09/2017 – Pernikahan dini merupakan salah satu isu tentang permasalahan anak yang sering terjadi di Indonesia. Tidak terkecuali di Kabupaten Lombok Timur yang angka pernikahan usia anaknya masih terlampau tinggi. Hal ini terjadi salah satunya akibat kurangnya pengetahuan tentang dampak yang diakibatkan dari pernikahan usia anak.

Berdasarkan itulah, kami Forum Anak Lombok Timur mengadakan sebuah kegiatan yang dapat mengurangi tingginya angka pernikahan usia anak di Lombok Timur . Kegiatan tersebut dikemas menjadi bentuk kampanye anti pernikahan usia anak atau dalam bahasa Sasak disebut Kampanye Anti Merariq Kodeq, agar lebih menarik perhatian dan mengena di masyarakat.

Kegiatan ini dilakukan selama dua hari satu malam. pada pagi pertama, Forum Anak Lombok Timur yang dalam hal ini bekerja sama dengan Lembaga Rumah Sungai Lombok Timur memulai kegiatan dengan sama-sama berangkat menuju lokasi pelaksanaan kegiatan di Gubuk Tanah Maik, Kecamatan Masbagek, Kabupaten Lombok Timur. Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Bupati Lombok Timur, Camat Masbagik, Kepala Dinas DP3AKB dan jajaran pejabat lainnya. Kemuadian dilanjutkan dengan karnaval stop pernikahan usia anak keliling-keliling desa. Pada malam harinya, acara dilanjutkan dengan menampilkan performance art dari komunitas-komunitas seni. Dan pada pagi kedua dilakukan sosialisasi stop pernikahan usia anak kepada semua peserta oleh Forum Anak Lombok timur dan  Duta Anti Pernikahan Usia Anak serta penutupan acara.

Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh peserta dari Forum Anak Lombok Timur dan Lembaga Rumah Sungai Lombok Timur, namun juga dari Komunitas Seni dan Komunitas Sastra. Antusias dari masyarakat sekitar juga sangat baik sehingga dalam kegiatan tersebut jumlah peserta mampu menembus angka lebih dari 500 orang.
Tujuan kegiatan ini tidak lain adalah agar anak-anak dapat mengetahui dampak negatif pernikahan usia anak, serta mengalihkan perhatian mereka agar mau meningkatkan prestasi dibidang seni ataupun lainnya.
 

SHARE!

Forum Anak LOTIM

"Salam Anak Indonesia! Kami Forum Anak Lombok Timur, ikuti kegiatan-kegiatan forum kami melalui akun Facebook: Faltim Hebat dan akun Instagram: forumanaklotim Terima kasih!"

Follow


19 Mading


OGAH AH... KAWIN MUDA, SAYA PENGEN JADI SARJANA

Kategori : Stop Pernikahan Dini

Anak Perempuan Pasti Bisa

Kategori : Stop Pernikahan Dini

Gerakan Tolak Pernikahan Usia Anak

Kategori : Stop Pernikahan Dini

Roadshow Pencegahan Pernikahan Usia Anak

Kategori : Stop Pernikahan Dini