Oleh : Tika Nurkholifa Karawang
Kategori : Tahukah Kamu ?

Kegiatan ini merupakan tugas Mamah Saya Selaku Ketua Kader Posyandu Pancawati. Mamah Saya melakukan pendataan sekaligus penelitian juga sosialisasi kebeberapa posyandu di Desa Pancawati Klari. Saya membantu mamah Saya untuk mengisi liburan sekolah dengan mensosialisasikan kandungan yodium pada setiap garam berbeda-beda sekaligus menguji secara langsung garam dapur yang dimiliki oleh ibu hamil, ibu menyusui, dan ibu yang memiliki anak balita dengan bantuan cairani, yodium yang akan berubah warna menjadi ungu apa bila garam dapur tersebut memiliki kandungan yodium, semakin ungu garam tersebut maka semakin tinggi kandungan yodium pada garam dan semakin bening garam yang di tetesi cairan yodium maka akan semakin rendah kandungan yodiumnya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa semakin ungu warna garam yang di tetesi oleh cairan yodium maka akan semakin tinggi kandungan yodium yang bagus untuk pertumbuhan otak sang anak dalam kandungan atau balita.

setelah Saya membuktikan penelitian ini bersama Mamah Saya, Saya dapat mengetahui kalau garam dapur itu bisa mengalami pengurangan kandungan yodium itu sendiri jika garam didiamkan di dekat kompor juga garam yang tidak pernah ditutup atau didiamkan secara terbuka. Hasil penelitian Saya bersama Mamah sangat beragam warna hasilnya. yang menjadikan semua garam yang bagus hasilnya kami jadikan sample untuk disosialisasikan ke warung-warung yang dekat dengan masyarakat untuk menyetok garam dapur yang mengandung yodium yang tinggi, dan garam yang bagus itu bercirikan dengan warna garam yang putih bersih dan garamnya bertekstur lembut.

Tentunya tujuan penelitian kami untuk mengurangi penggunaan mecin ataupun bumbu masak yang cepat saji yang kandungannya tidak sebanding dengan kandungan yodium pada garam yang memang bagus. Kami berharap banyak masyarakat khususnya ibu hami, dan anak balita yang mengurangi penggunaan bubu masak yang cepat saji dan lebih sering menggunakan garam dapur yang mengandung yodium yang tinggi.

Forum Anak Karawang

SHARE!

Tika Nurkholifa Karawang

"Bukan Apa yang diberikan Indonesia kepada kita Tapi Apa yang Kita berikan untuk Indonesia #SalamPangkalPerjuangan FORUM ANAK SINGAPERBANGSA KABUPATEN KARAWANG"

Follow


25 Mading


Apa Saja Hak anak Dan Kewajiban Anak?

Kategori : Tahukah Kamu ?

PRESIDEN INDONESIA YANG TERLUPAKAN

Kategori : Tahukah Kamu ?

Indonesia Pertama Kali Merdeka Di KARAWANG

Kategori : Tahukah Kamu ?

Bahasa Indonesia vs Bahasa Asing

Kategori : Tahukah Kamu ?

Yuk Cintai Sungai Kita Kawan

Kategori : Tahukah Kamu ?