Oleh : Forum Anak Sulawesi Tengah
Kategori : Stop Pernikahan Dini

Pada 29 Juni 2016 bertempat di Restoran Marannu, BKKBN Prov. Sulawesi Tengah mengundang seluruh organisasi beserta komunitas non-profit lainnya untuk menghadiri acara sosialisasi mengenai Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga oleh BKKBN. Kegiatan ini menyajikan banyak materi dan sesi tanya jawab terhadap pentingnya keluarga berencana. Di sisi lain, materi yang diberikan juga mengandung unsur stop pernikahan dini atau upaya agar tidak melakukan pernikahan dini dikarenakan kondisi fisik dan mental anak yang belum siap untuk menyiapkan dan mengurusi urusan rumah tangga. Pada kegiatan ini, materi dibawakan oleh orang-orang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan secara profesional seperti dokter, dosen, maupun pejabat negara.

Forum Anak Sulawesi Tengah sendiri aktif berpartisipasi dalam kegiatan ini dengan adanya sesi tanya jawab dan unjuk aksi Forum yang telah dilakukan terhadap menyosialisasikan pentingnya menjaga kesehatan reproduksi, stop pernikahan dini, maupun pencegahan kekerasan seksual. Sebagai tamu undangan, tentunya kesempatan ini perlu dijaga baik sebagai apresiasi untuk Forum Anak Sulawesi Tengah dalam memikul tanggung jawab sebagai pelopor anak untuk memberikan pengetahuan tambahan dan kampanye mengenai bahaya pernikahan dini.

Pada kegiatan ini, Forum Anak Sulawesi Tengah berpartisipasi aktif contohnya saja saat games yang diberikan oleh BKKBN. Saat itu, Forum Anak Sulawesi Tengah diminta untuk memberitahu kepada semua komunitas yang ada pada kegiatan tersebut, mengenai aksi nyata yang telah dilakukan oleh Forum Anak Sulawesi Tengah dalam menanggapi isu anak Sulawesi Tengah yang tentunya berkaitan dengan kesehatan reproduksi ataupun seksual. Moh. Rifli Mubarak selaku ketua Forum Anak Sulawesi Tengah, menjelaskan secara singkat bahwa aksi yang telah dilakukan seperti Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Seksual Sejak Dini di Kab. Parigi Moutong yang berjalan lancar dan menjadi sebuah upaya memberikan pengetahuan tambahan kepada anak Parigi Moutong dalam menjalankan tugas Forum Anak Sulawesi Tengah sebagai pelopor dan pelapor. Dan beruntungnya, Forum Anak Sulawesi Tengah mendapat satu buah dispenser untuk keperluan anggota saat di sekretariat. Lumayan yah dapat dispenser hihihi.

Tentunya, kegiatan ini diharapkan agar tidak menjadi sebuah formalitas dan pertemuan semata. Namun dapat menjadi sebuah tanggung jawab yang dibawa pulang untuk setiap komunitas dan organisasi yang ada dalam menciptakan aksi nyata untuk menebar pengaruh positif terhadap masyarakat Sulawesi Tengah.
 

SHARE!

Forum Anak Sulawesi Tengah

"Forum Anak Prov. Sulawesi Tengah merupakan Forum Anak dengan jenjang tertinggi di Prov. Sulawesi Tengah. Terbentuk sejak tahun 2012 dan sampai saat ini, berada pada periode ke-3 kepengurusan tahun 2016-2018. "

Follow


27 Mading


OGAH AH... KAWIN MUDA, SAYA PENGEN JADI SARJANA

Kategori : Stop Pernikahan Dini

Anak Perempuan Pasti Bisa

Kategori : Stop Pernikahan Dini

Gerakan Tolak Pernikahan Usia Anak

Kategori : Stop Pernikahan Dini

Roadshow Pencegahan Pernikahan Usia Anak

Kategori : Stop Pernikahan Dini