Oleh : Kayyisah
Kategori : Isue lainnya

Forum Anak Daerah Provinsi Bengkulu berpartisipasi pada Rapat Gugus Kota Layak Anak : Harapan besar kebijakan pemerintah dapat mewujudkan Bengkulu layak Anak.

4 April 2017, Forum Anak Daerah Provinsi Bengkulu kembali diundang untuk berpartisipasi dalam Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kota Layak Anak yang diadakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) di Hotel Rafflesia, Kota Bengkulu. FADB Bengkulu diwakili oleh Fasilitator Forum Anak, Fina Leonita dan Ketua Forum Anak Provinsi Bengkulu 17-19, Jihan Latifah.  Rapat Gugus Kota Layak Anak Ini diadakan berdasarkan dengan Peraturan Menteri KPPA no.13 tahun 2011 dan Peraturan Gubernur no. L.157.XXXV tahun 2013 tentang pembentukan gugus kota layak anak Provinsi Bengkulu. Kegiatan ini juga menjadi ajang pengenalan Forum Anak Daerah Provinsi Bengkulu di depan pejabat dan dinas terkait yang mendukung terwujudnya Kota Layak Anak.

Berdasarkan keputusan walikota bengkulu No.154 tahun 2016 mengenai forum anak, bahwa forum anak haruslah dilibatkan menuju Bengkulu Layak Anak. Kota Layak Anak adalah sistem pembangunan kota yang mengintegrasikan komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, serta keluarga. Dengan menggunakan strategi yaitu Mengarus utamakan Hak Anak ke Dalam Kebijakan, Program dan Kegiatan Pembangunan. Strategi ini didukung oleh Pendekatan yang terbagi menjadi dua yaitu : Pendekatan Bottom Ip dan Top Down yang artinya pendekatan dari atas (Pemerintah dan Pemegang Kebijakan) dan Pendekatan dari bawah (Masyarakat).
Pada Rapat Gugus Kota Layak Anak ini ada beberapa Kebijakan Pemerintah Bengkulu menuju Kabupaten Kota Layak Anak, yang terdiri dari tiga fokus utama : Keseteraan Gender, Perlindungan Anak, serta Pengendalian Penduduk dan memberdayakan organisasi masyarakat. Mengingat kebijakan itu Program yang dilakukan mengacu pada program Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KPPA), THREE ENDS. Akhiri Kekerasan, Perdagangan orang, dan kesenjangan ekonomi. 

Karena dilibatkan dalam Rapat Gugus Kota Layak Anak ini teman-teman dari FAD Provinsi Bengkulu dapat mengetahui dna bersuara mengenai kebijakan yang berdasarkan hak anak. Seperti yang kita ketahui bahwa indikator Kota Layak Anak ialah Penguatan Kelembangaan dan Klaster Hak Anak. Beberapa dinas yang terlibat langsung pun diberi tanggung jawab masing-masing seperti Dinas Sosial Menaungi Klaster Hak Anak yang kedua : Lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, Dinas Pendidikan dan Dinas Pariwisata menaungi klaster hak anak yang keempat : Pendidikan, Pemanfaatan waktu luang, dan kegiatan seni budaya, Dinas Kesehatan menaungi klaster hak anak yang ketiga : Kesehatan dasar dan kesejahteraan, dan sebagainya. Tentunya untuk menwujudkan Bengkulu layak anak dibutuhkan komitmen dari segala pihak. Fina dan Jihan juga meminta kebijakan agar pemerintah mewujudkan beberapa hal berikut, yaitu 1. Area Bebas Rokok untuk Anak 2. Zona Penyebrangan Layak Anak 3. Memerhatikan hak dan kewajiban anak bengkulu 4. Menciptakan tempat / taman berkumpul layak anak

Karena hal tersebut masih sangat susah ditemukan di Kota Bengkulu. 

Mengingat betapa pentingnya untuk mewujudkan Kota dan Kabupaten layak anak teman-teman dari FAD Bengkulu terus bergerak dan membantu pemerintah untuk mewujudkannya dan Harapannya Rapat Gugus Kota Layak Anak ini memiliki dampak yang besar dan kebijakannya dapat terealisasi. (Flo) 
 
 

SHARE!

Kayyisah Terverifikasi

""

Follow


11 Mading


Budayamu adalah Warisanmu

Kategori : Isue lainnya

Katakan Tidak Pada Pergaulan Bebas

Kategori : Isue lainnya

Kenalan Yuk dengan Generasi Budaya

Kategori : Isue lainnya

Peran Keluarga Dibutuhkan Sang Anak

Kategori : Isue lainnya