Oleh : Sahabat
Kategori : Tahukah Kamu ?

Fidget Spinner adalah salah satu mainan yang sedang tren saat ini. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Permainan satu ini disebut-sebut dapat digunakan sebagai wahana penghibur dikala stress. Selain menghilangkan stress, permainannya pun sangat mengasyikkan.
 
Namun dibalik keasyikkannya itu, ternyata mainan asal Amerika ini juga bisa membahayakan penggunanya. Bukan hanya secara fisik namun juga psikis penggunanya juga ikut terancam.
 
Meskipun terlihat biasa saja, namun diperlukan kehati-hatian dan kontrol diri saat menggunakannya. Berikut bahaya fidget spinner :
 
1. Waspada roller bisa tertelan ke kerongkongan
 
Mainan fidget spinner ini benar-benar sedang tren di masyarakat, baik itu anak kecil maupun orang dewasa. Namun meskipun begitu, saat memainkannya mesti sangat waspada. Terutama para anak-anak, karena mereka masih polos dan tidak tahu apa-apa. Yang mereka (anak-anak) tahu fidget spinner hanyalah mainan yang biasa saja. Ternyata roller dalam fidget spinner itu cukup berbahaya jikalau tertelan. Pasalnya bagiannya yang licin, membuatnya bisa dengan mudah masuk ke dalam tenggorokan.
 
Seperti kisah seorang anak di Amerika ini, lantaran ingin membersihkan bagian roller, dia menggunakan air liur di mulutnya sendiri. Namun naas ternyata roller tersebut tertelan ke mulut dan masuk kerongkongan. Akhirnya anak tersebut masuk ke rumah sakit dan beruntung nyawanya masih bisa terselamatkan meskipun melewati operasi yang menakutkan.
 
Ini menjadi pelajaran bagi kita dan juga untuk anak-anak agar berhati-hati dalam memainkan fidget spinner ini dan jangan memasukkannya ke dalam mulut, karena sangat berbahaya.
 
2. Jari bisa tersangkut pada fidget spinner
 
Fidget spinner memiliki beberapa jenis yang unik dan menarik, namun yang paling umum adalah yang memilik lubang di bagian pinggirnya. Namun siapa sangka, kalau tipe yang umum ini ternyata juga lumayan berbahaya. Pasalnya bagian lubang itu kadang ada yang muat untuk di masukan jari. Itulah yang membuat bahaya, karena jika jari sudah di masukan, maka sangat sulit sekali dicabut kembali.
 
Akibatnya, jari akan tersangkut di bagian tersebut. Tidak ada cara lain selain harus memotong bagian tersebut dengan gunting atau benda tajam lainnya.
 
Kecelakaan semacam ini pernah terjadi pada seorang anak, yang mengakibatkan orang tuanya mesti membawanya ke rumah sakit.
 
3. Bahaya pada mata untuk yang versi tajam
 
Berbeda dengan yang versi umum, ada pula fidget spinner yang memiliki sisi tajam di bagian pinggirnya. Kalau dilihat memang tampak menarik. Dibalik tampilannya yang menarik, ternyata memiliki sisi berbahayanya pula. Bagian tajam tersebut, bisa dengan mudah melukai kulit atau mata.
 
Akibatnya mulai dari luka gores hingga kebutaan bisa terjadi. Faktanya hal kasus tersebut ternyata telah terjadi beberapa kali. Baik orang dewasa maupun anak-anak, sama-sama memiliki potensi yang sama untuk mengalami kecelakaan yang serupa. Jadi mesti sangat hati-hati dalam memainkan fidget spinner versi tajam ini.
 
4. Kecanduan yang parah
 
Selain dari sisi fisik, ternyata fidget spinner ini juga bisa berakibat fatal bagi mental penggunanya. Ternyata permainan ini selain dipercaya menghilangkan strees ternyata juga bisa menjadikan penggunanya memiliki sifat adiksi. Apa itu adiksi ? Dalam istilah medis, adiksi adalah ketergantungan atau kecanduan terhadap narkoba. Dalam kasus ini, adiksi adalah ketergantungan atau kecanduan terhadap fidget spinner. Pengguna yang sudah memiliki sifat adiksi pada fidget spinner itu sulit dipisahkan. Istilahnya "Tiada Hari Tanpa Fidget Spinner", loh kok bukan "Tiada Hari Tanpa Belajar" ?. Biasanya para pelajar yang sudah memiliki sifat adiksi kepada fidget spinner ini sulit untuk menahan diri untuk tidak memainkan permainan ini. 
 
Hal ini akhirnya dapat mempengaruhi produktivitas dan konsentrasi belajar para penggunanya. Wajar kalau permainan ini sering ditentang di beberapa sekolah dan perusahaan.
 
Ternyata di balik kesenangan yang ditawarkan mainan ini ada bahaya yang mengintai. Namun itu semua bisa saja ditanggulangi ataupun dicegah,  jika kita sebagai pengguna dapan memainkannya dengan hati-hati. 

SHARE!

Sahabat

""

Follow


33 Mading


Apa Saja Hak anak Dan Kewajiban Anak?

Kategori : Tahukah Kamu ?

PRESIDEN INDONESIA YANG TERLUPAKAN

Kategori : Tahukah Kamu ?

Indonesia Pertama Kali Merdeka Di KARAWANG

Kategori : Tahukah Kamu ?

Bahasa Indonesia vs Bahasa Asing

Kategori : Tahukah Kamu ?

Yuk Cintai Sungai Kita Kawan

Kategori : Tahukah Kamu ?