Oleh : Adam Khaira
Kategori : Keren tanpa Rokok

FCTC Framework Convention on Tobacco Control

Rokok adalah benda kecil yang sudqah tidak asing lagi didengar oleh seluruh lapisan masyarakat. Benda kecil yang berbahan dasar tembakau tersebut memiliki kandungn racun yang sangat berbahaya. Bagi perokok rokok bisa menyebabkan kanker, serangan jantung, impotensi, dan gangguan kehamilan dan janin dan kematian.

Tetapi, bukan hanya perokoknya saja yang menrasakan bahayanya,orang –orang di sekitarnya yang hanya menghirup asapnya saja juga sudah merasakan dampak yang sangat besar. Seperti yang kita tahu, asap rokok mengandung 7000 jenis bahan kimia. Penyakit yang dapat dialami oleh perokok pasif diantaranya serangan jantung, kanker paru-paru, gangguan pernafasan, dan kematian dini.

Seperti yang kita ketahui, kini rokok telah menyebar hingga ke bangku sekolah dasar. Banyak perokok yang usianya masih dibawah umur.Itu berarti, bahaya rokok dapat dirasakan dengan mudah oleh semua kalangan usia.Karena para perokok juga biasanya merokok di tempat umum. Tidak peduli dengan orang lain, para perokok itu dengan asyik menghisap dan menghembuskan asapnya dimanapun.

Untuk itu, kami sangat tidak menyukai keberadaan rokok yang sangat meluas di masyarakat. Untuk mendukung aksi anti rokok tesebut kami mengikuti serangkaian kegiatan yang tujuannya dapat meminimalisirkan korban-korban rokok.

Padatanggal 29 Mei 2016, forum Anak Kota Bogor turut andil dalam program FCTC yaitu untuk memperingati Hari TanpaTembakau Sedunia.Program tersebut melibatkan banyak pihak, termasuk anggota FCTC sendiri dan Forum Anak Nasional. Forum Anak Kota Bogor mengirim surat untukPresiden.surat tersebut ditulis langsung oleh teman-teman yang ada di Kota Bogor dan mereka ingin menyalurkan surat tersebut untuk Presiden. Nah, surat tersebut disalurkan melalui Forum Anak Kota Bogor. Pada saat itu, Forum Anak Kota Bogor membawa sekitar 80 surat dari anak-anak Kota Bogor. Kami juga ikut aksi untuk melawakan rokok di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Surat tersebut dapat kita peroleh dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah ketika Forum Anak Kota Bogor sedang menjalankan sebuah program kerja yaitu acara Kumpul Bareng aksi pencegahan konten internet negatif. Semua peserta yang hadir, menuliskan surat dan harapannya tentang rokok. Selain itu, surat- surat tersebut juga kita peroleh saat kami sedang melakukan wawancara kepada masyarakat umum tetntang aspirasi mengenai kesejahteraan anak di Kota Bogor. Wawancara tersebut digunakan untuk membuat sebuah video CAPER (Citizen Aspiration about Children).

 

SHARE!

Adam Khaira

""

Follow


3 Mading