Oleh : Lakuntara Pallahidu
Kategori : AroundIndonesia

Ekspedisi ini kunamai ekspedisi uang seribu, mengapa begitu ? karna aku menyambangi sebuah tempat di Indonesia Timur yaitu Ternate, Maluku Utara, dimana di uang seribu kita yang lama mengambil pemandangan alam yaitu Pulau Maitara dan Tidore, sebuah ekspedisi yang kumulai pada 25 Mei 2016. Dari Batam aku memulai ekspedisi ku, dengan semangat 45 aku tiba di Bandara Sultan Babullah Ternate seorang diri, dan sudah ada yang menjemputku dibandara. Sebuah kota yang nyamaan dan asri, masyarakatnya ramah dan masih memegang teguh adat istiadat disana.

Awalnya tempat yangkukunjungi adalah Istana Kesultanan Ternate, istana ini merupakan tempat kediaman Sultan Ternate, banyak benda bendara peninggalan sejarah dan berbagai acsesoris kerajaan yang kutemui disana, tempatnya damai dan sangat sejuk, yap ... sopan santun yang terutama harus kita jaga disana.

Selanjutnya perjalananku berlanjut ke sebuah Benteng, yaitu Benteng Kalamata peninggalan Portugis yang dibagun pada abad ke-15 dan dengan tebal dinding yaitu 60 cm dan tinggi 3 m. menjadikan Benteng Kalamata sebagai pusat pertahanan di kala itu.

Lalu aku berlanjut ke gunung, wah Ternate mempunyai gunung ? ya tentu, namanya adalah Gunung Gamalama. memang Ternate adalah sebuah Kota yang berada tepat di bawah kaki Gunung Gamalam, dan gunung kerap ebebrapakali meletus dengan mengeluarkan lahar serat bebatuan, namun sekranga tempat itu juga dijadikan sebuah tempat rekreasi yang bernama Batu Angus, dimana tempat batu dari letusan Gunung Gamalama.

Indonesia Timur tak elok apabila tidak menyambangi pantainya, banyak pantai yang tersebar di Ternate, dengan air yang jernih, namun kebanyakn pantai di Ternate berpasir hitam dikarenakan masih pasir yang berasal dari kaki Gunung Gamalama.

Sebenarnya ekspedisi ku pada waktu itu adalah mengunjungi rumah nenek ku yang ada di Sanan sebuah tempat yang juga masih di Maluku Utara, namun untuk kesana kita ahrus menunggu kapal terlebih dahulu satu malam di Ternate, maka dari itu aku menghabiskan beberapa waktu ku di Kota terinda Terate ini.

SHARE!

Lakuntara Pallahidu

""

Follow


4 Mading


Ekspedisi Uang seribu

Kategori : AroundIndonesia

Sejuta Mimpi di Tanah Gurindam

Kategori : AroundIndonesia

Keliling Candi DIY-Jateng

Kategori : AroundIndonesia