Oleh : Uiaciel
Kategori : Tips dan Trik

STOP Melakukan #SkipChallange karena ini sangat berbahaya, #SkipChallange adalah sebuah tantangan yang dilakukan dengan menekan dada sekeras mungkin selama beberapa waktu dengan tujuan adalah untuk membuat seseorang kekurangan oksigen dan menyebabkan "high" kehilangan kesadaran atau bahkan pingsan. di amerika dikenal dengan #PassoutChallenge.

Sebelum menjadi viral seperti sekarang ini, Kak Uia pernah ditunjukan oleh teman dari salah satu Forum Anak yang dia melakukan hal ini di dalam kelasnya. Awalnya diperhatikan bahwa memang tidak masalah, hanya saja setelah tekanan ke dada dilakukan, dia langsung kehilangan kesadaran, setelah beberapa saat kemudian dia kembali sadar dan bercerita bahwa dia merasa berada dalam fase yang menegangkan dan menyenangkan.

Tapi setelah mencari tau lebih lanjut dan mencoba bertanya ke berbagai sumber, ditemukan bahwa #SkipChallange ini SANGAT BERBAHAYA,
berikut penjelasannya :

1. Bisa menghilangkan Nyawa atau kematian,

Faktanya Tantangan ini sudah jelas dilakukan dengan tujuan mengurangi Oksigen. Jika Oksigen berkurang maka akan banyak sekali kemungkinan fatal yang diterima seperti pingsan, hipoksia (otak kekurangan oksigen), kejang, kerusakan otak dan kematian.

Penjelasan secara Ilmiah :

"Saat melakukan passout challenge (atau skip challenge) mereka meniru kondisi kekurangan napas. Mereka menghentikan otot dada bergerak, sehingga tidak ada oksigen ke otak. Otak kemudian kekurangan oksigen dan seseorang akan kehilangan kesadaran," kata Dr.Nick Flynn, dokter dari Union Quay, Medical Centre, Cork, mengomentari fenomena #PassoutChallenge atau #SkipChallenge.

Ia menjelaskan, yang terjadi pada otak saat #SkipChallenge sebenarnya mirip dengan seseorang yang sedang tenggelam, tersedak atau mengalami serangan jantung.

"Kondisi itu menyebabkan hipoksia pada otak atau kadar oksigen sangat rendah dan dapat memicu kejang bahkan kematian. #SkipChallenge ini sangat berbahaya," katanya seperti dikutip situs irishexaminer.com.

Bila otak kekurangan oksigen lebih dari tiga menit maka bisa terjadi kerusakan otak, bila berlangsung lebih dari 5 menit akibatnya fatal.

Karena itu, tantangan #SkipChallenge harus dihentikan.

2. Cidera yang fatal terutama pada Jantung!

Seperti yang dilakukan oleh tantangan ini yaitu dilakukan dengan berdiri, kemudian setelah tekanan diberikan, maka orang tersebut akan jatuh. Dalam Kondisi Kekurangan Oksigen, tubuh menjadi Lemas dan pingsan. Pingsan atau kehilangan kesadaran membuat tubuh menjadi tidak seimbang dan akhirnya Jatuh! Jatuhnya tubuh ini bisa sangat berakibat FATAL yaitu mengakibatkan Cidera pada bagian tubuh salah satunya pada Jantung.

Saat tubuh terjatuh dan terduduk, maka Jantung akan berusaha keras agar bisa mendapatkan suplai oksigen kembali. namun posisi jatuh dan duduk sangatlah memperlambat jantung untuk mendapatkan suplai oksigen, yang akhirnya bisa berdampak pada jantung.

Jadi Hentikan sekarang juga Challanges Seperti ini!
Jangan lakukan hal yang tidak kalian pahami, karena bisa berdampak sangat Fatal.


Ref : Kompas : inilah.yang.terjadi.pada.tubuh.ketika.lakukan.skip.challenge.
awas.ini.bahaya.melakukan.skipchallenge.pada.remaja
 

SHARE!

Uiaciel Terverifikasi

"Founder Statusfan.com, Anak muda yang aktif berkegiatan dan berbagi dengan anak-anak indonesia, Fasilitator Forum Anak Nasional"

Follow


180 Mading


TIPS MAKAN DAN DIET SEHAT

Kategori : Tips dan Trik