Oleh : Rifandy Zulvan
Kategori : Teknologi

Game Online adalah gabungan dari dua kata yang berasal dari bahasa inggris. Game artinya adalah permainan dan Online artinya adalah Daring (Dalam Jaringan). Jika dua kata ini digabungkan, maka akan terbentuk suatu makna baru yang tak jauh-jauh dari pengertian dasar kedua kata itu.

Game Online biasanya memungkinkan suatu pemain (player) game untuk saling terhubung dengan pemain lain. Sehingga hal itu juga memungkian ia dengan pemain lain saling berkontak, baik dalam bentuk permainan, ataupun berkirim pesan.

Pengertian Game Online sebenarnya adalah sebuah jenis video permainan yang hanya dapat dijalankan apabila suatu perangkat yang digunakan untuk bermain game terhubung dengan jaringan internet.
Jadi, apabila seseorang yang ingin bermain game online maka perangkat yang ia miliki itu harus terhubung internet. Kalau tidak, maka besar kemungkinan game online itu tak dapat dimainkan.
 
CONTOH MASALAH DAN DAMPAK GAME ONLINE PADA ANAK
 
Game online membawa dampak besar pada perkembangan anak. Saat ini para pelajar dari TK hingga SMA menjadi mayoritas pemain game online di Indonesia, anak yang sering memainkan game online akan menyebabkan kecanduan. Kecanduan memainkan game online akan berdampak kepada segi akademik maupun sosial anak.  Berikut adalah dampak dampak dari game online.
 
1.            Dampak Positif
a.            Pengenalan Teknologi
b.            Melatih logika
c.             Melatih konsentrasi
d.            Penggunaan bahasa asing
e.            Melatih motorik anak
f.             Melatih kerjasama
g.            Meningkatkan imajinasi
 
2.            Dampak Negatif
a.            Menyebabkan kecanduan
b.            Anti Sosial
c.             Akademik menurun
d.            Pemborosan

Dari beberapa dampak di atas kami mendapatkan masalah masalah tentang game online yang ada di masyarakat. Kebanyakan masyarakat sekarang yang termasuk pelajar sudah benyak yang ketagihan dengan game online yang akan mengganggu segi akademiknya, awalnya para pelajar mengenal game online dari warnet-warnet yang sudah banyak terbuka di masyarakat. Para pelajar yang sudah ketagihan dengan game online rela mengobarkan sekolahnya untuk bermain (mabal). Bukti ini kami dapatkan dari beberapa warnet yang isi nya terdapat para pelajar dari SD hingga SMA yang bermain pada jam sekolah dan memakai seragam saat bermain. Ada pun pemain game online yang bermain berjam-jam hingga begadang di warnet, hal itu sangat membuang waktu.
 
Pihak game online juga ingin mendapat keuntungan dengan adanya Voucher, DLC, dan fitur-fitur game online yang berbayar lainnya, sehingga para pemain rela menghabiskan uangnya untuk game online. Dan mungkin mereka bisa saja berbohong kepada orang tua mereka untuk meminta uang untuk membeli barang lain/keperluan sekolah, tetapi ia malah membeli voucher game online.

Dengan masalah-masalah yang kami dapatkan di atas kami juga menemukan cara mencegahnya. Kami melihat beberapa warnet yang sudah menciptakan peraturan anak yang memakai seragam dilarang main di warnet, dan menghilangkan paket gadang. Hanya sedikit warnet yang memberi peraturan tersebut karena pihak warnet juga ingin mencipatakan keuntungan dari para anak yang bermain disana.

Untuk masalah fitur berbayar pada game online sebenarnya pihak game online sudah menmbuat fitur pembatasan umur (age restricted) pada pembuatan akun game online. Tetapi para anak yang ingin memainkan game tersebut mengganti tahun lahir nya menjadi lebih tua sehingga umur mereka pada data game menjadi lebih tua. Contoh anak bernama Thomas yang berumur 13 tahun lahir pada 30 Februari 2002, ia ingin membuat akun game online dengan memasukan ttl sebenarnya dia ia tidak dapat mendaftarkan akunnya, lalu karena ia ingin main jadi ia mengganti Ttl nya dengan 29 Februari 1997. Banyak sekali anak yang melakukan hal seperti itu. Untuk mencegah hal ini orang tau harus membimbing anaknya dalam bermain game online bila umur sang anak tidak cukup dalam rating game tersebut seharusnya orang tua mencari game yang cocok untuk umur sang anak.

Dengan kami membuat artikel ini semoga masalah masalah ini akan berkurang pada masyarakat, dan para generasi muda bisa meluangkan waktunya dalam kegiatan kegiatan positif di sekolahnya dan berprestasi sehingga menciptakan generasi penerus bangsa yang berkualitas.
 
Dari semua penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa. Remaja zaman sekarang mudah kecanduan game online karena pergaulan, perkembangan teknologi. Game online telah menjalani perkembangan yang pesat, baik dari segi teknologi nya mulai dari dahulu hanya dipakai oleh militer .Games online juga sudah mempengaruhi cara kita bersosialisasi dengan orang lain. Games online membuat kita dapat berinteraksi secara tidak langsung dengan orang lain. Akan tetapi efek dari keseringan bermain games online juga dapat berdampak buruk tergantung pada diri masing-masing bagaimana cara mengontrolnya. telah menjalani perkembangan yang pesat, baik dari segi teknologi nya mulai dari dahulu hanya dipakai oleh militer .Games online juga sudah mempengaruhi cara kita bersosialisasi dengan orang lain. Games online membuat kita dapat berinteraksi secara tidak langsung dengan orang lain. Akan tetapi efek dari keseringan bermain games online juga dapat berdampak buruk tergantung pada diri masing-masing bagaimana cara mengontrolnya.
 

SHARE!

Rifandy Zulvan

""

Follow


3 Mading


Hati-Hati di Internet

Kategori : Teknologi