Oleh : syam maulana syahrir
Kategori : Tahukah Kamu ?

Masih banyak yg bingung nih, Apa sih itu Musrenbang dan Musrembang anak ?

Kata musrenbang merupakan singkatan dari Musyawarah Perencanaan Pembangunan. Kata musyawarah berasal dari Bahasa Arab yang menggambarkan bagaimana warga saling berdiskusi memecahkan masalah konflik dan juga problem di masyarakat. Oleh karena itu, Musrenbang identik dengan diksusi di masyarakat / kelurahan tentang kebutuhan pembangunan daerah.

Musrenbang merupakan agenda tahunan di mana warga saling bertemu mendiskusikan masalah yang mereka hadapi dan memutuskan prioritas pembangunan jangka pendek. Ketika prioritas telah tersusun, kemudian di usulkan kepada pemerintah di level yang lebih tinggi, dan melalui badan perencanaan (BAPPEDA) usulan masyarakat dikategorisasikan berdasar urusan dan alokasi anggaran.

*Kalau Musrenbang Anak?

Musrenbang anak merupakan musyawarah perencanaan pembangunan yang proses musyawarah dan diskusinya 100% melibatkan pendapat dan aspirasi anak dimana anak lah menjadi aktor dalam diskusi ini. Nah musrenbang anak ini merupakan salah satu bentuk pemenuhan hak anak, apa itu? Yups, Hak partisipasi.

Berbicara tentang anak sebagai agen perubahan tentunya anak-anak harus diberikan ruang untuk mengekspresikan hak dan mengungkapkan pendapat mereka. Termasuk dalam hal membuat perencaan pembangunan.

Sekarang udah pada tau kan apa itu Musrenbang anak? Salam anak Indonesia

SHARE!

syam maulana syahrir

"Melalui Forum Anak saya bisa Belajar, Bermain Dan Berbagi. "

Follow


11 Mading


Apa Saja Hak anak Dan Kewajiban Anak?

Kategori : Tahukah Kamu ?

PRESIDEN INDONESIA YANG TERLUPAKAN

Kategori : Tahukah Kamu ?

Indonesia Pertama Kali Merdeka Di KARAWANG

Kategori : Tahukah Kamu ?

Bahasa Indonesia vs Bahasa Asing

Kategori : Tahukah Kamu ?

Yuk Cintai Sungai Kita Kawan

Kategori : Tahukah Kamu ?