Oleh : Imam Rahma Sanjaya
Kategori : Liputan

Statusfan.com - Beberapa bulan lalu kami dari Forum Anak Kabupaten Pandeglang melakukan aksi mengajak masyarakat untuk mewujudkan kawasan rumah tanpa asap rokok, hal ini kami lakukan karena kami sadar banyak sekali terutama anak - anak yang terpapar asap rokok di dalam rumahnya sendiri, yang seharusnya rumah menjadi tempat istirahat yang nyaman bagi anak, malah menjadi tidak nyaman dengan keberadaan asap rokok.

Aksi ini kami lakukan di Kp. Lebak Timur RT 12 RW 05 Desa Gunung Datar Kecamatan Cimanuk Kabupaten Pandeglang,  Banten. Dalam melakukan aksi ini kami membagi beberapa team untuk mengefisiensikan waktu. Aksi ini kami mulai dari jam 9 pagi dan berakhir pada jam 12 siang.

Dalam melakukan aksi ini kami memakai dresscode FCTC dan Kaos Forum Anak Kabupaten Pandeglang, beserta kami memakai id card sebagai identitas. Dalam aksi ini kami melakukan edukasi kepada masyarakat mengenai dampak buruk rokok dan setelah masyarakat di RT sekitar paham mengenai apa itu rokok sebenarnya dan apasaja dampak buruknya, kami meminta kesediaan masyarakat untuk menandatangani petisi kawasan rumah tanpa asap rokok, dan juga meminta agar masyarakat mau menempelkan stiker sebagai lambing komitmen untuk mewujudkan kawasan rumah tanpa asap rokok.

Dalam kegiatan ini kami mengalami banyak tantangan seperti ada masyarakat yang perokok berat yang juga awalnya protes dengan aksi kami ini tetapi dengan pengalaman kami sosialisasi kepada orang tua kami sendiri akhirnya kami dapat mengatasi hal semacam ini dengan sangat baik dan akhirnya masyarakat yang perokok berat itupun mau bersama berkomitmen untuk mewujudkan kawasan rumah tanpa asap rokok.

Tips untuk membuat aksi seperti ini yang dapat kami sarankan adalah perdalam terlebih dahulu materi yang akan kita sampaikan kepada masyarakat karena ternyata masyarakat sering sekali membuat pertanyaan yang tidak terduga. Dan juga persiapkan mental sebaik mungkin agar segala situasi apapun dapat di hadapi dengan tenang dan bahkan dapat membuahkan hasil yang sangat baik.

SHARE!

Imam Rahma Sanjaya

""

Follow


48 Mading