Oleh : deni pirmansyah karawang
Kategori : Tips dan Trik

Saat ini, blog menjadi salah satu media belajar dan rujukan dalam mencari informasi melalui internet. Kita tidak bisa menafikan kontribusi para blogger dalam penyebarluasan informasi dan ilmu pengetahuan yang bermanfaat bagi masyarakat. Di samping itu, kita pun perlu untuk berperan menjadi bagian dari seorang blogger yang aktif menulis konten-konten yang bermanfaat bagi banyak orang. Blog bisa menjadi sarana mengasah keterampilan menulis yang sangat efektif karena kita bisa menuliskan apa saja yang kita mau.

Namun tentu saja tidak seharusnya kita menulis secara asal-asalan dan tidak bermutu. Usahakan agar pembaca dapat mengambil manfaat dari tulisan di blog kita karena memang mudah dipahami dan baik dalam penyampaiannya. Nah, berikut ini 8 hal yang perlu diperhatikan oleh para blogger pemula sebelum menulis agar konten yang dihasilkan berkualitas.

1. Keep It Short And Simple

Konten harus mudah dibaca. Sampaikan pesan anda dengan gaya tulisan sederhana agar mudah dipahami banyak orang. Sampaikan dengan jelas apa yang ingin anda komunikasikan dengan pembaca melalui tulisan anda. Ingatlah bahwa anda menulis di blog untuk pembaca media online, bukan buku bacaan. Komunikasikan ide dan gagasan anda melalui paragraf-paragraf yang singkat dan tersusun dengan baik. Sebagaimana pedoman online jurnalisme, “keep it short and simple”.

2. Gunakan Jenis Font Yang Sama Di Seluruh Halaman Blog Anda

Anda dapat memilih font sesuai yang anda inginkan melalui Google font. Menggunakan beberapa jenis font dan ukuran font yang berbeda-beda akan mangganggu konsentrasi pembaca atas pesan yang anda sampaikan. Selain itu, gunakanlah pola warna yang umum pada keseluruhan blog anda. Anda bisa memilih flat colour untuk menciptkan tampilan blog dengan material design. Gunakan huruf kapital atau bold jika memang itu diperlukan, mungkin untuk judul, sub judul, kata kunci, dan sebagainya.

3. Tepat Sasaran

Tujuan utama dari sebuah blog adalah menyampaikan pesan atau informasi kepada pembaca. Jangan menulis konten yang terlalu berbelit-belit dan tidak jelas arah dan tujuannya. Berusahalah agar apa yang anda tulis tidak melebar dan menyimpang dari tema/topik yang sudah anda tentukan. Dalam hal ini, anda sebagai seorang informan. Gaya penulisan seperti apa yang anda inginkan, itu tidak masalah, yang penting tepat sasaran, sederhana, dan mudah dipahami.

4. Komunikatif

Libatkan pembaca dengan tulisan atau cerita anda. Rangsanglah agar mereka berpikir tentang apa yang anda katakan atau anda tuliskan, sebagaimana anda berbicara dengan orang la
4. Komunikatif

Libatkan pembaca dengan tulisan atau cerita anda. Rangsanglah agar mereka berpikir tentang apa yang anda katakan atau anda tuliskan, sebagaimana anda berbicara dengan orang lain secara langsung. Menulislah seolah-olah anda sedang berbicara kepada seseorang.

5. Ciptakan Kebebasan Anda Sendiri

Artinya, menulislah sesuai dengan passion anda, keunikan diri anda sendiri, apa yang paling anda kuasai sekaligus senangi. Buktikan bahwa anda punya style tersendiri sebagai seorang penulis. Jika anda hanya meniru orang lain, tentu hal itu bukanlah sesuatu yang membanggakan. Oleh karenanya, nikmatilah kebebasan dengan menjadi diri sendiri dengan keunikan dan ciri khas yang kita miliki. Mungkin banyak orang yang menulis artikel dengan topik dan tema yang sama seperti blog anda, namun anda harus meraciknya menjadi sesuatu yang berbeda dan lebih menarik dari yang lainnya. Hal ini akan membuat aktifitas ngeblog anda terasa nikmat dan memuaskan.

6. Sajikan Data Dan Informasi Yang Akurat Dan Terpercaya

Jika anda mengutip, pastikan sumbernya benar-benar valid dan terpercaya. Jangan pernah lupa untuk melakukan verifikasi atas informasi dan data yang hendak kita ambil agar nantinya kita tidak menjadi perantara bagi penyebaran informasi yang salah dan menyesatkan banyak orang. Hal ini sebagai langkah keamanan untuk anda. Sebelum menulis artikel yang memang di dalamnya memerlukan data-data sebagai penguat argumen anda, setidaknya lakukan penelitian dan analisis mikro terhadap data-data tersebut.

7. Sisipkan Gambar Yang Menarik Perhatian

Jangan lupa untuk menyisipkan gambar dalam postingan anda, minimal satu buah saja. Kehadiran gambar akan membuat pembaca lebih tertarik untuk membaca artikel anda. Gambar mampu berkata lebih dari apa yang dikatakan oleh kata-kata. Namun perhatikan pula penempatan gambar dalam konten anda. Ini sangat penting karena merupakan salah satu strategi ampuh untuk menarik minat baca pengunjung blog anda.

8. Lakukan Editing Sebelum Dipublish

Jangan lupa untuk menjadi editor bagi tulisan anda sendiri. Sebelum anda mempublikasikan tulisan anda, usahakan untuk membaca ulang tulisan anda beberapa kali, minimal satu kali. Posisikan diri anda sebagai pembaca dari konten anda sendiri, kemudian amati dengan seksama apakah sudah menarik, komunikatif, dan tidak ada kesalahan struktur maupun tata bahasanya.

Dalam pendidikan, Blog bisa menjadi sarana yang baik bagi guru maupun siswa untuk mengasah dan meningkatkan keterampilan dalam menulis. 4. Komunikatif

Libatkan pembaca dengan tulisan atau cerita anda. Rangsanglah agar mereka berpikir tentang apa yang anda katakan atau anda tuliskan, sebagaimana anda berbicara dengan orang lain secara langsung.

-Motivasi membuatku untuk mulai melangkah, dan kebiasaanku membuatku untuk tetap melangkah.

SHARE!

deni pirmansyah karawang

"Tragedi hidup bukan ketika aku tidak dapat mencapai tujuan, tragedi sebenernya adalah ketika aku tidak mempunyai tujuan untuk dicapai. #FORUMANAKSINGAPERBANGSAKARAWANG #Salampangkalperjuangan"

Follow


19 Mading


Cara Menjadi Orang Pintar

Kategori : Tips dan Trik

Kunci Sukses Presentasi

Kategori : Tips dan Trik