Oleh : Uiaciel
Kategori : Forum Anak

Anak Indonesia, apakabar?! 
Sudah tau kalau Dafa Award ada lagi tahun ini? dan yang paling keren adalah penganugerahan dafa Award akan di berikan saat kegiatan FORUM ANAK NASIONAL tahun ini dengan berbagai macam kategori award. 

Untuk yang ketinggalan informasi dafa, bisa di cek di Mading Statusfan.com yah. 

Dafa Award adalah penganugerahan yang diberikan pada Forum anak yang telah mengirimkan Data dan Informasi terkait perkembangan terbaru sesuai dengan tema setiap tahun. 

Dafa Award di selenggarakan oleh Sekretariat Forum anak nasional guna melakukan evaluasi yang kemudian hasilnya akan di sampaikan kepada Kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak. 

Nah berikut tips bagi forum anak menyiapkan Dafa Award tahun ini. 

Pertama, List Kegiatan yang telah di lakukan sampai hari ini

Berkumpul dan berdiskusi bersama seluruh anggota forum anak kemudian ceklist apa saja kegiatan yang sudah dilakukan, catat dan periksa kembali dokumentasi kegiatan kalian. 

Kedua, Kelompokan Kegiatan berdasarkan Isu Pelopor dan Pelapor (2P) 

Ada 4 Isu (2P) , jika kamu belum tahu apa itu baca di mading Statusfan.com yah. Yaitu Rokok, Internet sahabat Anak, Stop pernikahan usia anak dan Lingkungan. Tambahkan juga Isu "Lain-lain" untuk mengkelompokan kegiatan yang ada diluar 4 isu tersebut. 

Jadi dari list kegiatan yang pernah dilakukan, kamu hanya perlu memisahkan nya ke 5 Isu diatas (Rokok, Internet sahabat anak, Stop pernikahan usia anak, Lingkungan dan Lain-lain) 

Ketiga, Berbagi peran.
Setelah kegiatan sudah di kelompokan, maka kamu bisa berbagi peran untuk setiap anggota forum anak kamu. Dafa Award tahun ini mengharuskan kamu membuat cerita kegiatan. Jadi Bagi setiap anggota forum anak untuk membuat cerita kegiatan. 

Keempat, Baca dan Cek kembali Cerita yang sudah dibuat masing-masing anggota forum. 
Cerita yang dibuat harus bisa menjawab pertanyaan 5W+1H yaitu Siapa melakulan apa, mengapa melakukan kegiatan tersebut, kapan dan dimana kegiatan dilakulan lalu bagaimana proses serta hasil kegiatan tersebut. 

Kelima, tetap Simpel dan Gunakan bahasamu. 
Tidak perlu binggunh menulis cerira, gunakan saja bahasamu dan Jangan terlalu panjang membuat ceritanya, usahakan tetap simpel dan menjawab pertanyaan 5W + 1H 

Keenam, Siapkan foto kegiatan
Cari Foto yang bisa mewakili kegiatan yang kamu ceritakan, cukup 1 Foto saja yah. Jika tidak ada foto maka kamu bisa menggantinya dengan gambar yang berhubungan dengan kegiatan kamu. 

Ketujuh, Jangan lupa sebutkan Nama Forum Anak kalian disetiap Judul Cerita. 
Contohnya "Forum anak Jakarta Selatan, Sosialisasikam Internet Sehat ke 30 Anak"

Nah itu dia tipsnya. 
Yuk Kirim Cerita Kegiatan Forum Anak kamu ke Dawa Award tahun 2017.

Salam Anak Indonesia 

SHARE!

Uiaciel Terverifikasi

"Founder Statusfan.com, Anak muda yang aktif berkegiatan dan berbagi dengan anak-anak indonesia, Fasilitator Forum Anak Nasional"

Follow


180 Mading