Oleh : Uiaciel
Kategori : Forum Anak

Hai Anak Indonesia, 
Apa kabar semua? Semoga sehat selalu yah. Masih di Bulan Agustus dan masih suasana Hari Anak Nasional nih, bagaimana kegiatan Hari Anak Nasional di daerah kamu? Pasti seru yah.

Bulan Juli sampai Agustus adalah momen nya Forum anak, karena pada bulan juli ada Kegiatan Forum Anak Nasional dan Kegiatan puncaknya yaitu Hari anak nasional.

Pada Kegiatan FAN banyak sekali pelajaran yang bisa kita dapatkan, mulai dari materi, ilmu pengetahuan, pengalaman sampai dengan bisa saling mengenal antar forum anak.

Nah ini beberapa Kegiatan yang sebaiknya dilakukan forum anak setelah pulang dari Kegiatan FAN.

1. Berbagi Pengalaman
Hal yang paling penting adalah membagikan pengalaman selama mengikuti FAN dan HAN kepada pengurus Forum Anak yang lain. Karena tidak semua pengurus Forum Anak (baik tingkat provinsi sampai tingkat desa) bisa mengikuti kegiatan FAN, maka berbagi cerita dan pengalaman adalah hal yang harus dilakukan oleh kalian yang telah mendapatkan kesempatan mengikuti kegiatan FAN dan HAN.

2. Evaluasi 
Hal penting kedua adalah melakukan Evaluasi. Pengalaman dan pembelajaran yang didapat pada kegiatan FAN bisa dijadikan Evaluasi agar Forum Anak terus lebih baik lagi.

Misalnya sudahkan fungsi forum anak sesuai dengan fungsi yang sebenarnya, sudahkan semua anak di daerah kalian mendapatkan kesempatan yang sama, sudahkan kegiatan atau struktur forum anak berjalan.

3. Diskusi
Mengadakan pertemuan atau rapat pengurus fan merupakan kegiatan forum anak yang harus dilakukan, karena dengan berdiskusi kita bisa saling mengetahui apa-apa yang kita rasakan, salah satunya adalah membahas tentang dua hal diatas. Kak Uia menyarankan mengurangi diskusi online via chatting, karena biasanya menimbulkan banyak kesalahpahaman dan kurang efektif. Namun jika wilayah cukup jauh maka buatlah diskusi online kalian jadi lebih efektif.

4. Rencanakan kegiatan Hari Anak Nasional
Momen Hari Anak Nasional masih belum hilang walaupun sebentar lagi kita akan merayakan Hari Kemerdekaan RI ke 72. Maka merencanakan kegiatan adalah hal yang baik sambil mensosialisasikan materi-materi yang di dapat pada saat FAN, misalnya tentang Kebhinekaan, Cinta Lingkungan, Internet sehat ataupun tentan Pelopor dan Pelapor.

5. Merapikan Data dan Dokumentasi Kegiatan.
Hal yang sering kita lupa adalah mendokumentasikan dan merapikan data-data forum anak kita, atau bahkan masih ada Forum Anak yang belum memiliki Sekretariat?. Kenapa ini menjadi penting? Karena setiap tahun nya akan ada DAFA AWARD, Maka mulai dari sekarang setiap kegiatan harus didokumentasikan dengan baik. Misalnya Daftar Hadir Kegiatan, Notulensi atau catatan Kegiatan, Foto-Foto kegiatan, Materi atau Bahan-bahan presentasi, semua harus tersimpan rapi. Data ini juga bisa kalian gunakan untuk bahan publikasi ataupun bahan advokasi.

Semoga bermanfaat,
Terus aktif di forum anak dan tetap update.

Salam Anak Indonesia.
Kak Uia, 
 

SHARE!

Uiaciel Terverifikasi

"Founder Statusfan.com, Anak muda yang aktif berkegiatan dan berbagi dengan anak-anak indonesia, Fasilitator Forum Anak Nasional"

Follow


180 Mading