Oleh : Uiaciel
Kategori : AroundIndonesia

Masa-masa berkegiatan di forum anak memang sangat menyenangkan, keseruan, kegembiraan bahkan sampai keluh kesah, sedih dan tawa mewarnai setiap kegiatan yang dilakukan. Banyak sekali pengalaman yang didapatkan, bukan hanya tentang teman baru, pengetahuan baru tapi juga tentang rasa kebersamaan dan keterikatan. 

Namun Forum anak adalah wadah bagi seseorang yang berumur dibawah 18 tahun, jika usiamu sudah lebih dari usia anak maka kamu tidak lagi bisa menjadi pengurus ataupun anggota forum anak. Kamu akan berstatus Alumni Forum Anak walaupun kamu masih merasa sebagian dirimu anak :)

Tapi jangan sedih dulu, karena masih banyak hal yang bisa kamu lakukan setelah berstatus menjadi Alumni Forum Anak. 

Ini dia yang bisa kamu lakukan setelah jadi Alumni FAN. 

1. Menjadi Fasilitator Forum Anak


Ini adalah salah satu jalan agar kamu tetap bisa dekat dengan Forum Anak, kamu bisa terus mendampingi adik-adik Forum dan berbagi pengalaman sambil terus belajar. Namun ingat bahwa kamu bukan anak dan kamu adalah fasilitator yang berarti kamu harus mendahulukan kepentingan yang terbaik bagi anak dan juga kamu harus menahan diri, misalnya saat diskusi, kamu harus mendahulukan dan mendorong adik-adik forum anak untuk menyampaikan pendapat dan menomorduakan keinginanmu untuk tetap eksis. Tapi untuk urusan foto-foto atau keseruan, kamu masih boleh kok ikutan eksis :).


2. Mendirikan Komunitas di daerahmu. 


Mendirikan komunitas adalah salah satu jalan yang bisa kamu pilih agar dirimu tetap bisa menyalurkan semua hasrat untuk berkegiatan dan bermanfaat bagi lingkungan. Dengan pengalaman yang kamu dapatkan di Forum Anak khusunya Materi-materi tentang Hak dan Kewajiban Anak. Komunitasmu akan terlihat unik, karena setiap kegiatan akan berorientasi pada kegiatan anak. 

Di Komunitas, kamu bisa lebih fokus pada suatu bidang ataupun minat kamu. misalnya kamu punya minat pada permasalahan rokok, maka kamu bisa fokus dalam menyelesaikan masalah tersebut dan seperti yang Kak Uia Sampaikan sebelumnya bahwa kegiatan kamu akan unik, karena sudut pandang yang sudah kamu bangun selama di forum anak akan mengarahkan kamu melakukan kegiatan dengan presfektif Anak. Itu adalah hal Keren! 

3. Ikut dan Begabung dalam Organisasi atau Gerakan Anak.


Ini hampir sama dengan nomor 2, hanya saja disini lebih kepada membawa keunikan atau presfektif anak kedalam ruh organisasi dan gerakan. 

Kamu bisa pilih gerakan atau organisasi yang bisa menampung minat kamu. Di Organisasi atau Gerakan kamu akan bisa terus berkembang dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar. 

4. Fokus belajar


Pilihan ini bisa kamu ambil dan ini bukan hal yang salah, kamu bisa mulai fokus dengan pendidikanmu, keahlianmu ataupun bakatkamu tanpa memikirkan kegiatan forum anak. 

Rasa dan pengalaman selama didapat dari forum anak kamu disimpan rapat-rapat dalam hati. Bukan dilupakan yah, tapi disimpan menjadi kenangan. Ciyeee.. 

Kamu bisa mulai fokus dengan Pendidikanmu hingga kamu menjadi seorang yang ahli, sampai pada suatu saat nanti, kenangan yang kamu simpan jauh didalam hati perlahan mulai muncul kembali. 

Nantinya Ilmu atau pengalaman selama di forum anak masih bisa berguna kok, itu menjadi pegangan kamu. Misalnya kamu jadi Dokter, maka jadilah dokter ramah anak, kamu jadi Polisi, maka jadilah polisi ramah anak, atau jadi seorang ibu atau ayah, maka jadilah orangtua yang melindungi hak dan kewajiban anak serta mendorong bakat dan kemampuan anak. 

5. Move on dan lupakan. 


Pilihan yang terakhir ini bisa kamu pilih, tapi biasanya sangat sedikit sekali alumni yang bisa move on. Biasanya karena beberapa hal mendasar yang bisa membuat kamu move on, misalnya kamu lulus sekolah, lalu langsung kerja dan benar-benar ingin fokus dengan keluarga. Karena semakin dewasa maka akan semakin banyak tanggungjawab yang kita miliki. Ini bukanlah hal yang salah, karena semua ini adalah pilihanmu. 

Semoga tulisan ini bisa membuatmu tetap semangat yah, walaupun kamu alumni forum anak tapi masih banyak hal yang bisa kamu lakukan. Apapun yang kamu pilih dan ingin lakukan adalah pilihanmu. 

 

SHARE!

Uiaciel Terverifikasi

"Founder Statusfan.com, Anak muda yang aktif berkegiatan dan berbagi dengan anak-anak indonesia, Fasilitator Forum Anak Nasional"

Follow


180 Mading


Ekspedisi Uang seribu

Kategori : AroundIndonesia

Sejuta Mimpi di Tanah Gurindam

Kategori : AroundIndonesia

Keliling Candi DIY-Jateng

Kategori : AroundIndonesia

Seberapa Kuat Tentara Negara Indonesia?

Kategori : AroundIndonesia