Sumber gambar : Kemenpppa

Dipublis : Mar 24, 2017 - dibaca : 574x
304 Kota/Kabupaten memprakasai sebagai Kota/Kabupaten Layak Anak

Oleh : Uiaciel
Kategori : Liputan

Hai semua, tahukah kamu bahwa pemerintah kita melalu Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemenpppa) sudah menginisiasi konsep "World fit for Children" (Dunia yang layak bagi anak) yang diturunkan melalui kebijakan Indonesia Layak Anak (IDOLA) lalu Kota/Kabupaten layak Anak (KLA) hingga :Kecamatan/Kelurahan ramah Anak (KELARA). 

Kemudian yang menjadi Fokus Pemerintah saat ini adalah tingkat Kota dan Kabupaten yaitu KLA. Untuk mendapatkan KLA maka setiap kota/kabupaten harus memenuhi indikator yang sudah ditentukan oleh Kemenpppa. Terdapat 24 Indikator pemenuhan hak dan perlindungan anak yang secara garis besar tercermin dalam lima klaster hak anak, yakni hak sipil dan kebebasan, hak lingkungan keluarga dan pengasuhan alternatif, hak kesehatan dasar dan kesejahteraan, hak pendidikan, pemanfaatan waktu luang dan kegiatan budaya, serta hak perlindungan khusus bagi 15 kategori anak.

Menurut Menteri PPPA, Yohana Yembise, melalui siaran pers, Kamis (22/3), KLA merupakan sistem pembangunan yang berbasis pada pemenuhan hak dan perlindungan anak. Hingga saat ini terdapat 304 kabupaten dan kota yang telah memprakarsai KLA Pada tahun 2015 pihaknya telah memberikan penghargaan kepada 77 kabupaten-kota, masing-masing tiga untuk kategori Nindya, 24 untuk kategori Madya dan 50 untuk kategori Pratama.

Nah jadi itu dia, ternyata sudah banyak sekali kota/kabupaten yang memprakarsai untuk jadi Kota/Kabupaten Layak Anak. Semoga saja Kota/Kab kamu salah satunya yah. Jika belum kamu bisa menyampaikan ke pemerintah setempat untuk segera menjadi KLA. 

Yuk sama-sama dukung agar Republik Indonesia ini Layak Anak :)

Salam Anak Indonesia 

SHARE!

Uiaciel


164 Mading